Kenali Penipuan di Jejaring Sosial Media (facebook)

894 views

Jangan tertipu dengan LIKEnya. By : AN – MIe Sornop

1509168_566891070047695_1186713635_n

Maduracorner.com.Bangkalan – Penipu Selalu ada disekitar kita. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi Selalu waspada dengan sekitar anda. Karna orang terdekat kita sekalipun bisa menjadi penipu. Iya, begitulah yang terjadi dan sudah ada kenyataan.
Maka oleh karena itu, tetap lah waspada. Jaman sekarang, jamannya iptek, jamannya online, jamannya jejaring sosial. Jangan merasa sudah aman, walaupun jarak jauh dimana hanya dihubungkan dengan jaringan internet. Jangan salah, malah hubungan yang dihubungkan dengan internet itulah banyak penipu.
Salah satunya adalah Jejaring Sosial Facebook pun menjadi salah satu jejaring sosial yang kerap menjadi incaran para penjahat cyber. Di Facebook banyak bermunculan penjual online. Tak jarang kita mendapatkan banyak postingan spam, scareware dan aplikasi nakal yang fungsinya untuk mencuri data pribadi, dan banyak bentuk penipuan lain.
Beberapa diantaranya jebakan penipu di facebook adalah
Tombol Like Palsu
Di Facebook tentu sudah sering kita lihat tombol like. Artinya postingan atau statusnya disukai orang.Kenapa iya, hanya tombol like yang ada? seharusnya ada tombol dislike artinya kita bisa mengklik bahwa postingannya tidak bagus atau mungkin penipuan.Banyak sekali saya lihat shop online di facebook baru buka sudah banyak LIKEnya. Jadi jangan tertipu dengan LIKEnya. Karna bisa saja itu LIKE palsu. LIKE pun bisa dibeli, dan banyak saya lihat menjual jasa untuk LIKE. Memang kata orang toko online di facebook yang banyak LIKE bisa dipercaya. Maka mulai hari ini, lebih hati2 lagi.
Hadiah Palsu
Siapa yang tidak tergiur dengan hadiah bagus hanya dengan klik saja? nah, para penipu disini memanfaatkan peluang. Dengan sebuah postingan dilengkapi dengan wall bagus, kata-kata manis, kata menjual, anda lalu klik, nah bisa saja itu membawa anda ke sebuah jebakan untuk mencuri data-datamu. Jadi jangan mudah mempercayainya. Bila perlu cek sedetail mungkin.
Pura-pura Menjadi Teman
Seorang Hacker bisa memanfaakan peluang dengan pura-pura menjadi teman anda. Biasanya mereka mempunyai trik untuk menipu kita. Waktu kita lengah, dia menyerang kita. Bisa saja seorang Hacker, membuat akun yang mirip dengan teman kita, karena kita kurang teliti, dia bisa menipu kita dengan pura-pura butuh uang, minta transfer dan lain-lain.
Jadi selalu teliti. Artinya dimana pun penipu itu selalu ada. Password facebook anda pun jangan sembarangan kasih sama orang lain. Sekalipun itu Kekasih atau keluarga anda.
Sebab, bisa saja dia menjadi penipu atau dia yang kena tipu. Mengerti maksud saya?
Begini, Bila Kekasih/Teman/Keluarga anda kasih kebebasan membuka facebookmu. Bagaimana bila dia memanfaakan facebookmu untuk meminta uang dari teman anda dengan alasan anda butuh uang cepat atau apalah itu.
Kedua, Bila Kekasih/Teman/Keluarga anda kasih kebebasan membuka facebookmu, bisa saja mereka menjadi korban penipuan. Ada temanmu yang minta trasfer uang atau apalah itu. So, tetap waspada dan teliti.
Email Autoresponder indonesia