Kenali Titik Tubuh Paling Rawan Cedera

613 views

Berpotensi cidera saat kecelakaan bradsis

Motorbike_safety_gearBradsis, sejak beberapa tahun lalu Pemerintah sudah menghimbau agar tidak melakukan mudik menggunakan sepeda motor. Hal ini dikarenakan risiko kecelakaan menggunakan roda dua lebih tinggi dibanding roda empat. Nah, untuk mengurangi risiko cedera fatal, sebaiknya penggunaan pelindung di sejumlah titik rawan tubuh kita sangat penting nih bradsis. Apa aja sih yang harus loe lindungi? Yuks monggo disimak ya.

 

******************

Jadilah Pelopor Keselamatan

Meskipun  sudah dihimbau agar tidak mudik menggunakan motor, tapi masih banyak motorexpertiz yang ‘keukeuh‘ nih bradsis, dengan alasan efesiensi waktu, atau juga ingin menguji ketangguhan motor kesayangannya. Di artikel sebelumnya ME sudah kasih tips nih, buat yang mau melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, sekarang ME bahas nih sejumlah titik rawan tubuh kita yang harus dilindungi menggunakan safetygears yang ber-SNI tentunya bradsis.

Kepala.

Risiko cedera fatal adalah bagian kepala nih, bradsis. Jika kepala loe terbentur bisa mengakibatkan 90% risiko cidera otak. Baiknya gunakan helm yang standar safetynya sudah teruji, atau mau lebih safety lagi gunakan helm full face, karena juga bisa melindungi tulang rahang dan wajah loe, bradsis.

Bahu.

Saat berkendara jarak jauh, bahu loe sering merasa pegal kan? Itu dikarenakan tumpuan kedua tangan loe saat memegang setang berpangkal pada bahu bradsis. Nah saran ME, jika loe sudah merasa pegal, istirahat aja sejenak (30 menit sampai 1 jam), kalo loe tetap memaksakan diri, risiko cidera bahu bisa mampir pada diri loe nih, nah gak mau kan?

Tulang Belakang.

Bagian ini juga sangat sensitif bradsis, jika tulang belakang loe terbentur bahkan mengakibatkan patah tulang, bisa berpotensi pada kelumpuhan. Karena menurut dokter, tulang belakang merupakan tempat susunan syaraf pusat, mulai dari kepala hingga tulang ekor. Nah saran ME, saat loe berkendara jarak jauh, gunakan kecepatan yang sewajarnya bradsis, karena kasus cidera tulang belakang terjadi akibat terpental  dari motor dalam kecepatan tinggi.

Dada.

Ini merupakan bagian tubuh yang paling depan bradsis, risiko kecelakaan juga sangat serius jika terjadi patah pada bagian tulang dada, karena di dalamnya terdapat organ vital seperti paru – paru dan jantung. Nah untuk mengantisipasinya gunakan bodyprotektor atau rompi tebal yang juga bisa menahan udara yang masuk ke dalam dada.

Siku.

Kadang saat kecelakaan atau tergelincir dari motor, secara refleks tangan akan bergerak untuk melindungi kepala. Risiko cidera siku sering terjadi pada kasus seperti itu bradsis. Saran ME gunakan elbow protector atau jaket yang sudah tersedia protector di dalamnya.

Pergelangan Tangan.

Ini merupakan bagian tubuh yang amat kerja keras saat berkendara bradsis, karena harus membuka – tutup gas, juga handling setang motor loe. Maka dari itu, gunakanlah hand glove alias sarung tangan untuk melindungi dari lontaran kerikil juga sengatan sinar matahari.

Lutut.

Saat terjadi kecelakaan/jatuh dari motor bagian ini sering banget cidera bradsis, malah yang paling parah bergesernya persendian tulang lutut. Nah gak mau lutut loe besot – besot kan? Gunakanlah  knee protector atau deckker  ketika riding.

Mata Kaki.

Meskipun sepele, bagian ini juga berpotensi cidera ringan atau pun berat. Untuk meminimalisir ya gunakan sepatu yang safety bradsis, yang juga bisa melindungi mata kaki dan jemari kaki loe .

Nah itulah beberapa titik rawan tubuh kita yang berpotensi cidera saat kecelakaan bradsis, maka dari itu selalu gunakanlah safety gears yang lengkap saat berkendara. Semoga bermanfaat Keep Safety ride dan Ajarkan Selamat kepada semua pengguna jalan raya.

************

Text: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com) foto courtesy of commons.wikimedia.org, join us on fanpage & twitter: Motorexpertz, PIN BB: 24B2AFEE

Email Autoresponder indonesia