Kendaraan Luar Daerah Luput dari Pemantauan Satlantas

638 views
image

Kasatlantas Polres Sumenep

Sumenep, maduracorner.com-Saat ini di Kabupaten Sumenep, banyak kendaraan luar daerah yang melakukan aktivitas tetap. Padahal kendaraan luar daerah, apalagi luar Provinsi dilarang melakukan aktivitas dalam jangka waktu yang lama.

Menurut Kasatlantas Polres Sumenep, AKP Musa Bachtiar mengatakan, saat ini volume kendaraan naik di Sumenep, tapi volume jalan tetap belum ada peningkatan, sehingga ramainya arus lalu-lintas membuat kecelakaan lalu-lintas meningkat. “Saat ini yang membuat kendaraan melimpah, banyaknya kendaraan berplat luar daerah di Sumenep. Khususnya luar Provinsi. Yang banyak berplat Jakarta dan Bali,” terangnya.

Pihaknya mengatakan, sebenarnya kendaraan luar Provinsi tidak boleh beraktivitas dalam waktu yang cukup lama. Tanpa mengurus perizinan yang lengkap. “Selama ini masyarakat menganggap bahwa kendaraan luar daerah sama fungsinya dengan kendaraan asli suatu daerah. Dengan pertimbangan harga yang lebih murah, masyarakat banyak menggunakan kendaraan luar untuk transportasi,” urainya.

Seharusnya, lanjut Musa, kendaraan luar propinsi, wajib melapor ke pihak Satlantas, operasinya di daerah tersebut untuk apa. “Jadi mereka wajib melapor jika mau menggunakan kendaraan plat luar provinsi selama 3 bulan. Kalau tidak melapor wajib ganti wilayah,” ujarnya.

Penulis : Rian Andrian
Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia