Kepala Syahbandar Sebut Pelayaran dari Pulau Kangean ke Kalianget Aman

Calon penumpang kapal bertahan di Pelabuhan Kalianget menunggu jadwal pemberangkatan. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Kepala Syahbandar Kalianget Supriyanto menyebut hari ini, Kamis (03/01/2019) pelayaran dari Pulau Kangean menuju Kalianget Sumenep, aman-aman saja. Bahkan, terpantau tiga kapal kayu yang melakukan pelayanan menuju Pelabuhan Kalianget.

“Untuk pelayaran dari Pelabuhan Kalianget ke kepulauan, Insayallah nanti kalo kita bisa pantau tentunya kita tetap monitoring dari kapal-kapal yang sudah berangkat melalui channel 16,“ ungkap Supriyanto saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Kamis (03/01/2019).

Menurutnya, channel 16 merupakan sambungan komunikasi antara pihak kapal dengan syahbandar untuk memantau kondisi cuaca di tengah laut.

“Berdasarkan informasi dari perwira jaga yang ada di kantor, ternyata sudah bisa komunikasi dengan nahkoda bahwa ternyata cuaca Pulau Kangean ke Kalianget aman-aman saja,” imbuh Supriyanto.

Dia menambahkan bahwa untuk perkembangan cuaca sudah bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Jadi update informasi cuaca setiap harinya telah dikantongi.

“Untuk pelayaran jarak dekat tidak ada masalah, berjalan seperti biasanya. Hanya saja untuk pelayaran pulau jauh rute pelabuhan Kalianget-Masalembu dan Kalianget-Pulau kangean masih belum,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun BMKG Kalianget, Usman Khalid, mengatakan perkembangan cuaca untuk hari ini masih tetap cuaca buruk, tetapi untuk lusa mulai ada penurunan hanya saja masih perlu diwaspadai.

“Untuk hari ini gelombang laut di Masalembu 2,5 meter, Kangean 3 meter. Sedangkan kecepatan angin maksimum untuk Masalembu 25 knot, Kangean 26 knot, jadi perlu diwaspadai,” katanya. (*)

Penulis: Sai

Editor: Ahmad