Kerapan Sapi “Pak Kopak” Bakal Di Perdakan

639 views
kerapan sapi di bangkalan. foto : aryan/mc.com

kerapan sapi di bangkalan. foto : aryan/mc.com

Diagendakan Pada Prolegda 2014 | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Bangkalan minta agar agenda pelaksanaan kerapan sapi “Pak Kopak” dimasukkan dalam peraturan daerah (Perda).

“Usul menjadi Perda tersebut berawal dari rasa keperihatin kami. Karena kerapan sapi dengan pola rekeng di anggap sudah tidak sesuai lagi dengan ruh kerapan sapi yang yang diterapkan sebelumnya. Itu sebabnya, FPKB mengusulkan supaya Raperda itu nantinya bisa disyahkan menjadi Perda pada pembahasan Prolegda 2014. Kami berharap Perda tersebut mampu mengurangi konflik yang sering terjadi ditingkat akar rumput,”  ujar Hotib Marzuki, Rabu, (30/10).

Dia menambahkan, meski usulan Raperda kerapan sapi “Pak Kopak” sudah sangat lengkap tapi hingga hari ini  model pelaksanaan kerapan sapi tampaknya masih terus diperdebatkan. Padahal Surat Edaran (SE) dari Presiden RI telah memutuskan  kerapan sapi harus dilaksanakan tanpa dengan kekerasan. Termasuk instruksi Gubernur Jatim kepada 4 kabupaten di Madura juga harus ditindaklanjuti.

Sementara itu, Kepala Bakorwil IV, Edy Santoso, mengatakan sampai saat ini belum ada kejelasan kapan waktunya kerapan sapi piala presiden untuk tingkat karesidenan Madura akan dilaksanakan kembali.

“Pihak kami masih melihat perkemba ngan dan menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat soal pelaksanaan kerapan sapi yang tertunda,” pungkasnya.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia