Kerapan Sapi Tanpa Kekerasan Tingkat Kawedanan Di Awali Dari Kecamatan Tanah Merah

Kerapan Sapi Tanpa Kekerasan siap di gelar    |Oleh : A.Shohib

 

kerapan sapi tradisional-foto : ilustrasi/MC.com

kerapan sapi tradisional-foto : ilustrasi/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Dinas pemuda dan Olah raga, Budaya dan Pariwisata (Dispiorabudpar) kabupaten Bangkalan akan memulai kerapan sapi tradisional tanpa kekerasan tingkat eks kawedanan dari kecamatan Tanah Merah pada tanggal 29 September. “Bangkalan siap menggelar kerapan sapi tanpa kekerasan, saya kira bukan kabupaten Bangkalan saja, 4 bupati di Madura telah mengirim surat ke Bakorwil dan siap melaksanakan kerapan sapi tanpa kekerasan,” kata Kadisporabudpar Bangkalan,, Moh Gufron, Kamis (26/9).

Dijelaskan dia, setelah dimulai dari kecamatan Tanah Merah, dilanjutkan ke eks kawedanan yang lain hingga nanti kerapan sapi ditingkat kawedanan ini berakhir pada tanggal 20 Oktober. “Kerapan sapi tanpa kekerasan ini nanti dilanjutkan di tingkat kabupaten pada tanggal 20 oktober yang akan kami gelar di lapangan RP Mohammad Noer,” jelasnya.

Lebih lanjut Moh Gufron menjelaskan, pada pelaksanaan kerapan sapi di tingkat kabupaten ini akan diikuti oleh 24 pasang sapi kerap. “Kira-kira total sapinya nanti pada tingkat kabupaten ada 24 pasang,” terangnya.

Namun imbuh Gufron, selain menngelar kerapan sapi tingkat eks kaewedanan dan tingkat kabupaten, disporabudpar akan menggelar kerapan sapi carter pada tanggal 2 Oktober yang rencananya akan  dikuti oleh 12 pasang sapi. “Kerapan sapi calter ini  untuk mensosialisasikan kerapan sapi tanpa kekerasan kepada masyarakat karena  kerapan sapi tanpa kekerasan ini merupakan intruksi presiden,” pungkas Guhron.

Mahfud pemilik sapi kerap Noro’ Tretan menyambut baik pelaksanaan kerapan sapi tradisional tingkat kawedana tersebut. “Kami sangat senang dengan adanya kerapan sapi yang merupakan budaya yang ada di Madura tetap dilkasankan,” kata Mahfud.

Dia tidak mempersoalkan apakah kerapan sapi itu digelar dengan cara lama atau dengan cara baru yaitu kerapan sapi tanpa kekerasan. “Masalh mau pakek pakem lama atau pakem baru itu hanya tehnis dalam pelaksanaannya saja. Intinya kami sangat mendukungtetap diadakannya kerapan sapi yang merupakan budaya Madura dan mampu membawa nama madura ke manca Negara,” pungkas Mahfud. (min)

 

jadwal kerapan sapi tingkat Kawedanan di Kabupaten Bangkalan

Minggu 29 September 2013    di kecamatan Tanah Merah

Selasa 1 Oktober 2013      di Kecamatan Galis

Kamis 3  Oktober 2013   di kecamatan Sepulu

Sabtu 5 Oktober 2013    di kecamatan Arosbaya

Minggu 6 Oktober 2013 di kecamatan Socah

tingkat kabupaten

Minggu 20 Oktober 2013  di lapangan RP Moh Noer.

sumber : Disporabudpar kabupaten Bangkalan

 

Email Autoresponder indonesia