Kesulitan Mencari Sumber Mata Air Baru, Pelayanan Kepada Pelanggan Kurang Maksimal

Kesultan Sumber Mata air      | Oleh : A.Shohib.

Kesulitan mata air baru-foto : Ilustrasi/MC.com

Kesulitan mata air baru-foto : Ilustrasi/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Setelah mengalami kesulitan mencari sumber mata air baru, PDAM Sumber Pocong Bangkalan mengaku tidak maksimal dalam melayani kebutuhan air kepada pelanggan. ”Pasokan air dari PDAM masih hanya sekitar 40 persen, dan  kami akan terus berupaya mencari lahan baru untuk sumber mata air,” kata Dirut PDAM Sumber Pocong Bangkalan, Sutrisno, Jumat (05/04).

Dijelaskan dia, untuk meningkatkan pelayanan distribusi air ke rumah-rumah warga, saat ini pihaknya masih terus mencari sumber mata ait baru. “Jumlah Penduduk bangkalan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada lalu sebanyak 880.928 jiwa, namun warga yang bisa menikmati air PDAM hanya 353 ribu jiwa saja,” jelas Sutrisno.

Lebih lanjut Sutrrisno menjelaskan, Pencarian sumber mata air baru, ini dinilai sangat mendesak. Pasalnya, pertambahan jumlah penduduk dalam tiap tahunnya bertambah. Sementara ketersedian air PDAM tidak berubah. ”Kondisi semakin memburuk ketika musim kemarau tiba. Di dimana kebutuhan air semakin meningkat, terutama di pedesaaan. Kami telah melakukan penyisiran di 18 kecamatan, tapi nihil,” terangnya.

Sampat saat ini, pihak PDAM Bangkalan masih mengandalkan sumber mata air di sungai Pocong di Desa Tangkel yang mencapai 63 liter per detik. Sementara sumber lainnya, seperti sungai, air tanah dalam, dan mata air yang di kelola PDAM masih di bawah 20 liter per detik. ”Sementara untuk penambahan pipanisasi ke daerah rawan kekeringan pada saat ini, tidak memungkinkan karena membutuhkan biaya yang sangat besar” katanya.

Sementara itu salah seorang pelanggan PDAM Bangkalan Muhammad Nuh Al Muhyidin mengharapkan agar PDAM Sumber Pocong Bangkalan secepatnya bisa menemukan mata sumber air yang baru agar pelayanan kepada pelanggan tetap prima. (min)

Email Autoresponder indonesia