Ketinggian Air Didepan Terminal Bangkalan Mengkhawatirkan.

753 views

 

 

ketinggian air sungai di depan terminal mulai menghawatirkan. mc.com/sumaryanto

ketinggian air sungai di depan terminal mulai menghawatirkan. mc.com/sumaryanto

 

Maduracorner.com,Bangkalan- Ketinggian air sungai didepan terminal Bangkalan paska diguyur hujan lebat beberapa hari lalu, tampak kondisinya semakin mengkhawatirkan. “Karena sungai ini sering dijadikan barometer, apakah akan terjadi banjir hingga meluber kejalan Soekarno- Hatta atau tidak, itu semua sangat tergantung dari ketinggian air di sungai ini,” ujar salah seorang petugas terminal Bangkalan, Fathurrahman kepada Mc.com, Minggu (06/01/2013).

Menurut dia, jika ketinggian air sekarang ini berada dibatas normal atau sekitar 1 meter, mungkin tidak jadi masalah. akan tetapi apabila ketinggian air sudah mencapai 2 m dari kedalaman dasar sungai yang hanya 3 M itu, maka perlu diwaspadai. Karena dari pengalaman yang terjadi pada tahun 2010 silam, pada saat itu ketinggian air di sungai mencapai 2 meter lebih, kemudian karena diguyur hujan selama 1 hari penuh, sungai tidak mampu menampung air hujan hingga air sungai meluap. Akibatnya air sungai meluber ke jalan Sukarno-Hatta Bangkalan.

Jika air sungai di depan terminal ini meluap kata Fathurrahman, yang paling parah menerima imbasnya, adalah perumahan didekat pasar tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan, perumahan dibelakang kantor Dinas Pertambangan dan Energi, Nilam Indah, Dolog Bangkalan, perumahan Halim 1, 2 hingga pertigaan jalan raya Junok akan banjir. “Makanya, ketinggian air disungai depan terminal Bangkalan ini selalu di pantau oleh petugas BPBD Bangkalan,” terang Faturrahman.(yan/min).

Email Autoresponder indonesia