Ketua BNKK Bangkalan Minta, IPNU Ikut Mewujudkan Bangkalan Bebas Narkoba

Gelar Pelatihan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba | Oleh : Aryan

Nara sumber BNNP Jatim, Kombes Soubar Isman (berdiri) saat memberikan materi narkoba-foto : aryan/MC.com

Nara sumber BNNP Jatim, Kombes Soubar Isman (berdiri) saat memberikan materi narkoba-foto : aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Ketua Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangkalan, Mondir Rofi’I mengajak kepada IPNU Bangkalan untuk wujudkan kabupaten Bangkalan yang bebas dari pengaruh narkoba. Karena Narkoba bisa merusak para generasi muda sebagai salah satu pewaris tongkat estafet kepemimpinan bangsa. “Kedepan nanti kita akan bentuk semacam kelompok-kelompok kecil yang bertugas memberi sosialisasi tentang bahayanya narkoba bagi generasi muda, mulai dari kota hingga desa-desa di Kabupaten Bangkalan,” kata Mondir saat membuka acara pelatihan Tim Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba diaula Dinsosnakertrans Bangkalan, Rabu (25/12).

Sementara itu, BNNP Jatim, Kombes Saobar Isman, menjelaskan tentang beberapa jenis narkoba yang beredar ditengah- tengah masyarakat, diantaranya. Narkotika, ganja/mariyuana/cannabis sativa/gele/cimeng, kokain, heroin/putaw, ecstacy dan sabu atau metam fetamina. “Semua jenis barang-barang haram ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia,” terangnya.

Sedangkan sanksi bagi pengedar dan pemakai obat-obatan terlarang ini kata Saobar Isman, ancaman hukuman dan denda yang akan dikenakan cukup berat dan tergantung dari tingkat kesalahan perbuatannya. Hukumannya mulai dari tahunan, belasan tahun,  puluhan tahun, hukuman seumur hidup dan hukuman mati. Sementara itu, pasal yang akan dikenakan mulai dari 111 sampai dengan pasal 48 dan pasal 153. “Sudah cukup banyak korban yang jatuh, maka dari itu tugas saudara adalah memberi pengertian kepada generasi muda lainnya betapa bahayanya narkoba bagi kesehatan manusia,” katanya.

Acara pelatihan itu di gelar oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangkalan bekerjasama dengan Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nadatul Ulama (PC.IPNU) Bangkalan. Acara yang akan berlangsung selama 2 hari itu diikuti oleh 45 orang peserta dari perwakilan 18 pengurus IPNU kecamatan se -Kabupaten Bangkalan. (yan/shb).

 

Email Autoresponder indonesia