Ketua DPRD Sumenep Terancam Dicopot

556 views

SUMENEP, MADURACORNER.COM.Menyikapi Kabar pelengseran dirinya dari pucuk pimpinan sebagai Ketua DPRD Sumenep, oleh partai pengusungnya PKB, H Herman Dali Kusuma tetap terlihat santai. Dia berdalih sudah menjalankan tugasnya secara profesional.

Kabar penggantian posisi Ketua DPRD Sumenep itu, dibenarkan oleh Ketua DPC PKB Sumenep KH Imam Hasyim, kepada media.

Menurutnya surat penggantian H Herman Dali Kusuma telah dikirimkan ke gedung dewan. Bahkan, secara tegas, KH Imam Hasyim menyebut Dul Siam, mantan Ketua Komisi III adalah sebagai penggantinya.

“Dalam minggu ini insyaallah sudah ada pergantian. Dul Siam akan menjadi pengganti,” katanya, saat dihubungi melalui sambungan telpon oleh media.

Menurutnya, usulan pergantian itu bukan karena H Herman Dali Kusuma melakukan kesalahan yang dianggap menyalahi kode etik dewan atau melanggar AD/ART partai. Melainkan, usulan pergantian dilakukan karena dianggap kurang mampu dalam memimpin DPRD. “Ya kurang mampu saja dalam memimpin,” jelasnya.

Indikasinya, sambung mantan Ketua DPRD Sumenep itu, Ketua dewan saat ini tidak bisa mengambil kebijakan yang tepat. Misalnya, mengenai Badan Kehormatan (BK) yang hingga saat ini masih digantung. Aneh, dewan tidak punya badan etik. “Komisi Informasi juga tidak jelas hingga saat ini. Berarti tidak mampu,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Sumenep, H Herman Dali Kusuma mengatakan, persoalan BK DPRD Sumenep tidak mudah. Namun, dirinya sebagai ketua menyelesaikan hal tersebut dan sudah terbentuk sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Persoalan di BK sudah diselesaikan, makanya perlu dijelaskan. Namun, memang harus menyetorkan ulang nama-nama dari masing-masing fraksi,” terang H Herman Dali Kusuma.

H Herman Dali Kusuma juga membantah tudingan terkait persoalan Komisi Informasi (KI) yang sampai saat ini belum tuntas. Menurutnya, persoalan KI bukan tidak mau diselesaikan dan tidak disetorkan. Bahkan, dirinya sudah melakukan koordinasi dengan KI Surabaya hingga pusat.

“Tapi, mereka meminta scoring. Sementara, dari hasil Fit and propertest dari Komisi I, tidak ada scoring yang diberikan kepada pimpinan,” pungkasnya.

Beredar informasi, SK DPP PKB tentang pergantian ketua DPRD Sumenep, H Herman Dali Kusuma, yang diganti oleh mantan ketua Komisi III DPRD Sumenep yang juga Sekretaris DPC PKB Sumenep, H Dul Siam, telah berada di Sumenep dan sudah masuk ke Sekretariat DPRD Sumenep. Sementara, paripurna pergantian akan dilaksanakan dalam pekan ini. (Sai)

Email Autoresponder indonesia