Ketua NPC Jatim Nilai KONI Diskriminatif Pada Paralympian

640 views

Maduracorner.com, Bangkalan – Ketua National Paralympic Committee (NPC) propinsi Jawa Timur, Fathurrahman Said sangat menyesalkan sikap KONI Jatim terhadap atlet Paralympic yang akan bertanding dalam event Pekan olah raga Paralympian Nasional (Peparnas) di Riau nanti pada tanggal 4 hingga 15 Oktober mendatang. Dia menuding, KONI terkesan mengacuhkan dan mendiskriminasi atlet para lympic khususnya menjelang perhelatan pesta olahraga nasional tersebut.

Padahal atlet berkebutuhan khusus ini, levelnya sama dengan atlet-atlet normal yang dibina KONI, akan tetapi kenapa KONI dan pemerintah Pemprov memperlakukan diskriminasi kepada atlet Paralympian ini. “Jangankan dijenguk, ditelepon-pun tidak oleh KONI Jatim. Padahal keberangkatan mereka ke Riau nanti membawa nama Pemprov Jatim,” tukas Jimhur panggilan akrab Ketua National Paralympic Committee (NPC) propinsi Jawa Timur, Fathurrahman Said, Selasa (25/09).

Ketua NPC Jatim kemudian mencontohkan sikap tidak adil KONI dan Pemprov terhadap atlet Paralympian ini. “Fasilitas yang diberikan kepada atlet normal dengan atlet Paralympian sangat beda dan jauh dari perikemanusian, apalagi bonus untuk atlet normal sangat wah sekali, tapi untuk atlet Paralympian mana ? ” tuturnya.

Lebih lanjut Jimhur menjelaskan, jika dibandingkan dengan daerah lain’ dana yang diterima oleh NPC Jatim untuk atlet Paralympian ini sangta jauh panggang dari api. “NPC Jawa Barat anggaran untuk atlet Paralympian itu Rp Milyar, Jawa Tengah Rp 5 Milyar, kalau untuk kami hanya Rp 600 juta,” paparnya.

Sedangkan prestasi yang di peroleh atlet Paralympian Jatim dalam even Asian Paralympian game di Solo tidak mengecewakan, bahkan dalam event tersebut mereka berhasil menyabet 12 medali emas dan 14 medali Perak.

Dan dalam event  Pabernas di Riau nanti, sebanyak 55 atlet NPC jatim akan mengikuti 9 cabang olah raga diantaranya; cabang olah raga bola Volly duduk, Futsal, tennis meja, bulu tangkis dan tennis Lapangan. “Para atlet sudah kami latih dan Insya Allah kita bisa membawa medali emas dari Riau,” pungkas Jimhur. (min)