Khotib Ajak Jamaah Bertaubat

1016 views

image

Shalat Gerhana

Sampang, maduracorner.com – Pelaksanaan salat kusuf atau salat gerhana matahari di Masjid Agung Sampang, Rabu (09/03/2016) pagi, yang diikuti oleh ratusan kaum muslimin dan muslimat berlangsung khidmat.

Tepat pukul 07.12 WIB, imam masjid agung Sampang KH. Aunur Rofiq Mansur memimpin salat sunah kusuf dua rekaat. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan khutbah.

Dalam khutbahnya, Rofiq mengajak para jamaah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan memperbanyak pembacaan istighfar. Sebab menurutnya, momentum gerhana matahari adalah salah satu dari tanda kebesaraan Allah.

“Hari ini tepat gerhana matahari, lebih afdol kiranya bagi kita untuk bertaubat kepada Allah dengan banyak membaca istighfar dan amalan dzikir lainnya. Serta memperbanyak amal ibadah seperti bersedekah,” tutur Rofiq di hadapan jamaah salat kusuf.

Rofiq juga mengingatkan para jamaah untuk tidak mempercayai mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat. Seperti wanita hamil yang harus bersembunyi di bawah ranjang pada saat gerhana matahari.

“Pada jaman Rasulullah pernah terjadi gerhana matahari, pada saat itu putra Nabi Muhammad wafat dan bertepatan dengan gerhana matahari. Lalu masyarakat mengartikan bahwa matahari ikut berduka atas wafatnya putra Nabi. Itu tidak ada hubungannya,” tegasnya.

Para jamaah tampak menyimak dengan seksama pembacaan kutbah, hingga berakhir pukul 07.49 WIB. (aji)

Editor: Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia