Kiper Banyak Lakukan Kesalahan, Mental Pemain Pun Jeblok

677 views
Suasana latihan skuad PMU

Suasana latihan skuad PMU

Persisam Kalahkan PMU | Oleh Mamad el Shaarawy

Maduracorner.com, Bangkalan – Persepam Madura United (PMU) dihajar tuan rumah Persisam Samarinda di Stadion Segiri dengan skor 4-1, rabu sore tadi (26/06). Empat gol Pesut Mahakam hanya bisa dibalas sebiji gol Laskar Sapeh Kerap melalui kaki Rossy Noprihanis.
 
Salah satu penyebab kekalahan tersebut, disebabkan lemahnya sektor penjaga gawang PMU. Galih Firmansyah yang diturunkan sebagai kiper utama oleh Daniel Rukito, tidak berdaya menghadapi gempuran pemain Persisam. Namun selain bagusnya serangan lawan, Galih benar-benar tampil dibawah performa terbaiknya.

Galih tampak seperti kiper yang berkarakter konvensional, yakni terlalu ‘betah’dibawah mistar atau tidak berani keluar menyambut serangan bola lawan. Gol ketiga dan keempat adalah bukti paling nyata.
 
Gol ke-3 yang dicetak Ferdinan Sinaga seharusnya bisa diantisipasi oleh Galih. Bola hasil umpan heading Jaques Tsimi, sebenarnya melambung rendah dan pelan di depan gawangnya. Sayang, Galih tidak bereaksi dan hanya menunggu. Akibatnya, bola pun disambar Ferdinan lewat tendangan salto keras.
Begitu juga gol ke-4. Umpan terobosan Supriyono di sisi kiri pertahanan PMU, sebenarnya sudah masuk kotak penalti PMU. Darma Sutha yang dalam kondisi dikawal Aboubakar Sillah, sebenarnya tampak ragu hendak menendang langsung. Andai Galih cepat bergerak keluar dan menutup ruang tembak Darma Sutha, gol ini pun tidak perlu terjadi. Akibat buruknya koordinasi lini belakang ini, mental pemain PMU langsung drop.
 
“Begini jadinya jika mental pemain kita lemah. Banyak kesalahan yang dilakukan. Terutama lini belakang dan khusunya kiper kita”,ujar pelatih PMU Daniel Rukito seperti yang dilansir tribun news network.

Menurut Coach DR, serangkaian kesalahan yang dilakukan tersebut membuat mental pemain lain tidak tenang saat bermain. “Ini persoalan mental pemain yang gampang nge-drop. Mereka belum bisa keluar dari kesulitan”,pungkas pelatih yang pernah menukangi Persisam Samarinda saat musim kompetisi 2011-2012 tersebut. (mad)

Email Autoresponder indonesia