Kirab Budaya, Kecamatan Blega Tampilkan Musik Ul – Daul

1067 views

Musik Perkusi Fenomenal |  Oleh : Aryan

Camat Belga, beserta istri saat naik kendaraan musik Ul- Daul-foto : Aryan/Mc.com

Camat Belga, beserta istri saat naik kendaraan musik Ul- Daul-foto : Aryan/Mc.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Tidak beda dengan acara kirab pada tahun-tahun sebelumnya,  dalam Kirab Budaya Hari Jadi Bangkalan ke – 482 yang rutin diperingati setiap tanggal 24 Oktober setiap tahunnya. Pada acara kirab Budaya ini, kecamatan Blega menampilkan musik tradisi yang  fenomenal yaitu musik Ul – Daul. “Musik Ul- Daul ini mungkin satu-satu nya di Kabupaten yang mempunyai ciri khas tersendiri,” kata Camat Blega, Zainul Qomar, Kamis, (24/10).

Menurutnya, musik perkusi Ul-Daul sebenarnya merupakan pengembangan musik tong-tong yang sejak semula menjadi ciri khas musik Madura yang dimainkan dengan pukulan bersifat monoton, namun pukulan itu mampu melahirkan irama dinamis seperti musik perkusi pada umumnya. Sayang nya, musik Ul-Daul ini dalam perkembangannya di tengah-tengah warga saat ini kurang diminati karena terganti oleh musik lain. “Alhamdulillah mulai tahun 2012 silam musik Ul-Daul kembali dilirik warga  dan dilestarikan sebagai salah satu musik kebanggaan masyarakat Kecamatan Blega,” terang Qomar.

Alat musik Ul-Daul  kata Qomar, terdiri dari alat musik peking, kenong, kendang serta alat yang memegang peran penting dan wajib sifatnya adalah tong-tong, dung- dung dan bung-bung dan sejenisnya. Karena mampu menciptakan suara yang dinamis dan menggetarkan. (yan/min).