Kisruh Rekrutmen PT Sumekar, Dewan Segera Panggil Timsel

293 views

Ketua Komisi II DPRD Sumenep, Nurus Salam ketika memberikan keterangan kepada awak media. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Pengangkatan Direksi PT Sumekar yang ditengarai cacat hukum, kini berlanjut ke gedung wakil rakyat. Komisi II DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan memangil tim seleksi (Timsel), Rabu (13/2/281) besok.

“Sesuai hasil disposisi pimpinan DPRD, dan hasil rapat internal komisi II menyepakati untuk memanggil timsel dalam rangka mengklarifikasi apa yang menjadi tuntutan,” kata Ketua Komisi II DPRD Sumenep, Nurus Salam, Selasa (12/02/2019).

Selain menghadirkan timsel, komisi II juga akan menghadirkan sejumlah mahasiswa yang sempat mempersoalkan pengangkatan Direksi PT Sumekar di salah satu badan milik usaha daerah atau BUMD.

“Kami hanya memfasilitasi tuntutan mahasiswa,” jelas politikus Gerindra ini.

Komisi II kata dia, nantinya akan melakukan tindakan lain apabila ada temuan dalam audiensi besok. Termasuk temuan mahasiswa yang mrnganggap pansel mengabaikan Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang BUMD.

Pasal 57 poin L disebutkan bahwa untuk dapat diangkat sebagai anggota direksi harus memenuhi syarat, diantaranya tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah, dan/atau calon anggota legislatif.

“Jadi kita tinggal bagaimana nanti, apakah hasil audiensi nanti ada pelanggaran proses rekrutmen,
apakah pansel melakukan kajian ulang misalnya. Itu kajian pansel sebelumnya,” ungkapnya.

Sebelumnya ramai diberitakan dua direksi yang telah dilantik diketahui merupakan politisi partai. Moh. Syafi’i diketahui sebagai mantan Ketua PAC PKB Kecamatan Arjasa. Sementara, Achmad Zainal Arifin saat ini masih terdaftar di daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Jawa Timur pada Pemilu 2019 dari PKB. (*)

Penulis: Sai
Editor: Ahmad