Komisi A DPRD Bangkalan Soroti Konfliks Antara Kades Dengan Sekdes

1310 views

Bangkalan, maduracorner.com – Komisi A DPRD Bangkalan menyoroti kasus konflik antara kades dan sekdes yang terjadi di sejumlah desa. Mereka pun menyesalkan karena hal tersebut bias berdampak buruk bagi desa yang mereka pimpin.

Sekretaris Komisi A DPRD Bangkalan, Mahmudi kepada maduracorner.com mengatakan, dampak buruk konflik tersebut salah satunya yakni ada banyak sekdes yang terpaksa ditarik ke kantor kecamatan setempat karena merasa tidak cocok dengan kadesnya. Hal ini menyebabkan sulitnya pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) karena pembuatan SPJ tidak kunjung rampung.

Mahmudi berharap kepada para camat untuk secepatnya menyelesaikan SPJ masing-masing desa sesuai aturan yang berlaku. Agar ADD bisa segera turun dan biaya pembukaan pendaftaran calon kepala desa yang akan dimulai pada bulan Juni 2016 ini tidak ada masalah lagi.

“Jangan lupa pada tahun 2017 nanti, BPK akan kelapangan untuk mengecek bantuan desa 2016. Makanya kami sarankan para camat berkerja sesuai prosedur yang telah ditentukan,”papar politikus Hanura tersebut, (30/5/2016).

Sementara itu, Camat Blega, Anang memiliki alasan terkait adanya beberapa sekdes yang dipindahkan ke kantor kecamatan karena bermasalah dengan kades setempat. Ia mengatakan, pemindahan tersebut agar pembuatan SPJ bias secepatnya rampung.

“Sekdes lama kami mutasi ke kantor kecamatan dengan maksud jika masih ditemui ada masalah dengan SPJ bias langsung diatasi oleh mantan sekdes tersebut,”papar mantan Camat Kwanyar ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi A, Mujiburrahman mempersilahkan Camat memindahkan sekdes lama tapi disiapkan dulu penggantinya. Karena tersiar berita persoalan jabatan sekdes ini, berkaitan dengan masalah suka dan tidak suka dari pihak kades setempat.

“Kami minta para Camat dengan arif menyikapi persoalan mutasi sekdes akibat ketidak cocokan antara kades dan sekdes. Selain itu, kami berharap jangan sampai kekisruhan ini nantinya menghambat cairnya bantuan desa 2016 serta mengganggu jalannya pilkades serentak Oktober 2016 yang akan datang,”tegasnya. (yan/mad)

Penulis: Yayan
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia