Komunitas Nelayan Bandaran Gelar Rokat Tase’

527 views

Rokat Tase’ | oleh Sumaryanto

tampak Bupati Bangkalan, RKH Fuad Amin saat memberikan sambutan dalam acara Rokat Tase’ -Foto : Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Komunitas nelayan Kampung Bandaran Kelurahan Pejagan Kecamatan Bangkalan, Kamis, (22/11/2012) menggelar acara rokat tase’ atau yang biasa dikenal dengan larung laut.  Acara tersebut dihadiri sekitar 500 lebih nelayan dari Kelurahan Pejagan, Kelurahan Pangeranan dan Desa Mertajasah kecamatan Bangkalan.

Ketua  panitia Pelaksana, Joko W menjelaskan, pelaksanaan Rokat Tase’ yang digelar rutin setiap tahunnya itu merupakan bagian dari kegiatan nelayan yang tergabung dalam komunitas nelayan kecamatan Bangkalan. “Untuk tahun ini pelaksanaan Rokat Tase’ telah dilaksanakan tadi pagi pukul 07.00 wib,  sesuai adat dan tradisi yang telah dijalankan dan diwarisi secara turun – temurun,” kata Joko W.

Dijelaskan dia, Rokat Tase’ atau larung laut ini, selain sebagai ungkapan rasa syukur dari para nelayan karena telah diberi hasil tangkapan yang cukup melimpah. Pada saat pelaksanaan Rokat Tase’ juga disertai hewan korban berupa kepala sapi yang dibawa ketengah laut dan diikuti sekitar 30 lebih perahu nelayan.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, R.KH.Fuad Amin, mengatakan, Rokat Tase’ yang digelar hari ini merupakan ungkapan rasa syukur nelayan atas hasil tangkapan ikannya yang cukup melimpat dilaut. “Semakin bersyukur kehadapan Allah, rejeki semakin ditambah kepada nelayan. Acara semacam ini (larung laut Red) kan tidak hanya di Bangkalan saja, tapi juga dilakukan nelayan didaerah lain,” kata Fuad Amin. (yan/min).