Kondisi Air di Kabupaten Bangkalan Sudah di Bawah Normal

712 views

Hasil uji kualitas air yang dilakukan BLH I Oleh : Agus Budi

Maduracorner.com, Bangkalan – Mengacu kepada hasil uji kualitas yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup Bangkalan (BLH) beberapa waktu lalu di sejumlah lokasi menunjukkan, bahwa kualitas air di Kabupaten Bangkalan sudah berada di bawah normal. ”Hasil uji kualitas air sangat memprihatinkan dan perlu kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan agar tidak tercemar,” ujar Kepala BLH Bangkalan Tommy Firyanto melalui Kabid SDA Amdal, Kusno Suhardi.

Menurut Kusno Suhardi, saat ini perhatian khusus diberlakukan untuk sungai-sungai yang ada di Bangkalan. Sebab, sungai-sungai yang ada di perkotaan secara keseluruhan sudah tidak bisa untuk mandi dan mencuci. Karena airnya sudah keruh dan berbau. ”Hasil uji kualitas yang juga dilakukan di rumah sakit, tempat usaha, rumah makan dan perhotelan semuanya masih di bawah normal,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Kusno, untuk hasil uji udara dan tanah terlihat masih dalam batas kewajaran dan tidak memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan. Selain pengujian terhadap air dan udara, pengujian juga dilakukan terhadap struktur tanah. Pengujian itu dilakukan dan melibatkan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL-PP) Surabaya. ”Uji kualitas ini baru dilakukan di tingkatan kabupaten, belum ke desa-desa,” ungkapnya.
Ditambahkan Kusno, untuk rumah makan dan limbah domestik dilakukan oleh pihak ketiga. Seperti pengepul, pemulung dan sebagainya. ”Jadi, untuk menjaga struktur tanah agar tidak memiliki dampak negatif bagi masyarakat, BLH Bangkalan telah bekerjasama dengan para pemulung dan pengepul,” pungkasnya. (gus/shb)