Kondisi Kali Lajing Memperihatinkan

689 views
Kondisi Kali Lajing

Kondisi Kali Lajing

Bangkalan,Maduracorner.com – musim Kemarau di kabupatenBangkalan pada bulan Oktober ini telah mencapai puncaknya. Pada musim kemarau ini sejumlah sungai mulai mengering, termauk kali Desa Lajing Kecamatan Arosbaya yang selama ini berfungsi mengairi puluhan hektar sawah di Desa Lajing. Namun kini kondisinya sangat memperihatinkan sebab selain mengering, disepanjang kali itu ditumbuhi tanaman liar.”Sudah hampir sebulan lebih, kali desa Lajing yang berfungsi mengairi puluhan hektar lahan itu mengering dan kondisinya sepanjang 1 km lebih, ditumbuhi tanaman liar,” ujar Suminah yang mendirikan warung kopinya diatas kali Lajing tersebut, Sabtu, (4/10/2014).

Dijelaskan dia, dengan mengeringnya kali Lajing itu, praktis puluhan hektar sawah tersebut saat ini menjadi lahan tidur. Karena sengaja dibiarkan oleh para pemiliknya hingga menunggu musim hujan tiba. Sementara itu, air untuk kepentingan warga Desa Lajing saat ini masih bisa dibantu dengan sumur milik masyarakat setempat, meski debit airnya tidak terlalu besar tetapi cukup untuk keperluan MCK.
“Akibat kemarau panjang, banyak sawah masyarakat yang menjadi lahan tidur. Tapi untuk kepentingan MCK warga, masih bisa dipenuhi lewat sumur warga masing-masing meski debit airnya kecil,” pungkas Suminah.

Penulis : Aryan
Editor : Sohib

Email Autoresponder indonesia