Kondisi Pantai Siring Kemuning, Memprihatinkan

1696 views
Syaiful bersama 3 temannya saat mengunjungi pantai Siring Kemuning.mc.com/Sumaryanto

Syaiful bersama 3 temannya saat mengunjungi pantai Siring Kemuning.mc.com/Sumaryanto

Maduracorner.com,Bangkalan- Pantai Siring Kemuning di desa Sereng Kemuning kecamatan Tanjung Bumi kondisinya sangat memprihatinkan. Pantai siring kemuning yang berlokasi sekitar 1 km kearah Timur menuju kota Kecamatan Tanjung Bumi itu Dulu, pernah dikenal sebagai salah satu jujukan tempat rekreasi masyarakat.

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung ke pantai tersebut, akan tetapi wisatawan asing juga banyak yang kepicut dengan keindahan pantai dengan pasir putih yang lembut. Namun kini, pantai yang pernah menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten bangkalan itu, tidak indah lagi.

Dari pantauan Mc.com, Kamis, (10/1/2013).  Di pantai itu hanya ada satu-satunya bangunan yang dipakai sebagai tempat istirahat para pengunjung, kondisinya sudah terbengkelai, rusak dan tidak terurus. Pantai sepanjang 300 M yang dulunya bersih kini terlihat kotor oleh berbagai macam sampah yang berserakan dimana-mana dan abrasi terus mengikis pasir hingga kebibir pantai karena pasirnya sering ditambang oleh para penambang liar

Tak heran, jika saat ini pantai Siring Kemuning tampak sepi dan jarang dikunjungi warga yang hendak berkreasi. “Pantai Siring Kemuning sekarang ini beda mas. Kalau dulu tampak bersih dan berbagai fasilitas tersedia, kini hanya ada tumpukan sampah,” ujar Syaiful wisatawan local dari kota Bangkalan  yang kebetulan berkunjung ke pantai Siring Kemuning bersama 3 temannya.

Menurut dia, jika kondisi salah satu tempat rekreasi yang pernah mendapat tempat dihati masyarakat Bangkalan terus dibiarkan seperti ini, maka lambat laun, pantai Siring Kemuning hanya tinggal cerita saja. “Seharusnya Dispora Budpar Bangkalan tidak tutup mata melihat kenyataan ini. Karena jika dikelola dengan baik kan bisa sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi pemkab Bangkalan,” tutur Syaiful.

Sementara itu, Kepala Dispora Budpar Bangkalan, Krisna Wijaya dikonfirmasi melalui Kabid. Pariwisata, Amir Syarifudin mengatakan perlu kesadaran masyarakat karena kerusakan dan abrasi yang terjadi dipantai Siring Kemuning selama ini. Akibat adanya penambangan pasir liar atau tanpa izin dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. “‘Kedepan rencananya pantai Siring Kemuning akan direvatilisasi dan dijadikan destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bangkalan,” pungkas Amir. (yan/min).