Konsumsi Ikan Masyarakat Kabupaten Bangkalan Masih Sangat Rendah

image

Wabup Bangkalan di Acara hari Ikan Nasional

Bangkalan, maduracorner.com – Sebagai wilayah maritime, konsumsi makan ikan bagi masyarakat Madura seharusnya tinggi. Namun kenyataan sangat rendah. Termasuk masyarakat di Kabupaten Bangkalan sangat rendah.  Tepatnya hanya 23,8 perkapita dalam setiap tahunnya dan berada jauh dibawah konsumsi nasional 35 perkapita setiap tahunnya. Padahal 11 kecamatan di Kabupaten Bangkalan dari 18 kecamatan yang ada, berada disepanjang 125 km persegi dari bibir pantai.

Hal itu disampaikan Wabup Bangkalan, Mondir Rofi’i saat memberi sambutan pada Gebyar Promosi Makan Ikan Untuk Masyarakat dan SD di Kabupaten Bangkalan. Pagelaran ini dalam rangka hari Ikan Nasional ( Karkannas) ke-2 tahun 2015 yang digelar di pendopo Pratanu, Senin, (14/12/2015).

“Pemkab.Bangkalan berharap kepada masyarakat Kabupaten Bangkalan agar meningkatkan makan ikan di tengah keluarga. Sebab ikan mengandung gizi luar biasa dalam meningkatkan stamina dan berguna untuk kecerdasan anak,”papar politisi PKB yang akrab disapa Ra Mondir ini.

Disisi lain, Ra Mondir menyadari, bisnis ikan belakangan ini nampak semakin bagus. Karena itu ia minta agar produk – produk yang mempunyai nilai jual lebih ditingkatkan lagi kwalitasnya. Termasuk produk dalam bentuk camilan. Karena seiring berkembangnya tehknologi yang semakin canggih, kemasan camilan berbahan dasar ikan laut bisa diproduksi dengan kemasan lebih indah. Sehingga bisa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan lokal maupun manca negara. “Ini menjadi rankaian tugas kita bersama untuk menggalakan olahan ikan dengan aneka ragam rasa sehingga perputaran roda ekonomi warga pedesaan semakin meningkat,”tuturnya.

Sementara itu, Kabid Pengelohan dan Pemasaran Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Propinsi Jatim, Totok mengatakan, konsumsi ikan bagi masyarakat Kabupaten Bangkalan masuk 3 besar paling bawah ditingkat Provinsi Jatim.

Maka menurutnya, perlu ada penyuluhan yang lebih gencar lagi bahwa mengkonsumsi ikan bisa lebih sehat dan mencerdaskan anak-anak. “Di Kabupaten Bangkalan perlu dilakukan penyuluhan yang lebih gencar lagi. Tentang manfaat makan ikan bagi kesehatan warga maupun peningkatan kecerdasan anak-anak,”tandasnya. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy