Kontes Bonsai Di Peringatan Hari Jadi Bangkalan

1182 views

PPBI Cabang Bangkalan Gelar Kontes Bonsai se Jawa Timur oleh : Agus Budi

salah satu Bonsai yang dipajangg dalam kontes Bonsai-foto : Agus/MC.com

salah satu Bonsai yang dipajang dalam kontes Bonsai-foto : Agus/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) menggelar Kontes dan Pameran Bonsai se-Jawa Timur. kontes bonsai terbesar itu  mulai digelar sejak tanggal 6 hingga 13 Oktober 2013. Kontes itu digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bangkalan di Alun-alun selatan kota Bangkalan.

Kontes tersebut di ikuti oleh para penggemar bonsai dari bebera kabupaten/kota di Jawa Timur diantaranya Pamekasan, Probolinggo, Sidoarjo, Sumenep, Pandaan, Pasuruan, Surabaya. Saat ini para peserta dari 7 kabupaten itu sudah memajang bonsainya di arena kontes. “Tinggal peserta dari  Ketapang kabupaten Sampang, Ponorogo, Lumajang, Tuban, Gresik, Basuki, Jembar, Malang, Mojokerto, mereka semua sudah konfirmasi untuk ikut serta,” kata  ketua panitia kontes M Effendi (7/10).

Fijelaskan Effendi, Kontes ini di awali dengan penyerahan bonsai yang mau diikutkan kontes ke panitia mulai tanggal 6 sampai tanggal 7, kemudian tanggal 8 penilaian oleh dewan Juri, kemudian tanggal 9 oktober pembukaan oleh Bupati Bangkalan.

lebih lanjut Effedi mejelaskan, kontes bonsai ini selain untuk menjalankan program PPBI Pusat, juga  memasyarakatkan Bonsai di kabupaten Bangkalan, menambah warna seni, mempererat tali silaturahim antar penggemar bonsai, dan menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa bonsai ini bukan hanya sekedar pohon tapi lebih kepada nilai seni dan keseraian. “Dan untuk kontes ini dewan juri kami datangkan dari Bandung, Malang, Sidoarjo, Jember, Surabaya, dan juri itu ditentukan PPBI Pusat,” terang Fendi yang saat ini menjabat sekretaris PPBI Cabang Bangkalan.

Sementara itu, ketua PPBI Cabang Bangkalan, Amin Mansur, mengatakan Kontes atau Pemeran Bonsai ini adalah swadaya murni dan merupakan kontes yang pertama dan termuda di Madura. Dalam acara ini selain mengundang SKPD, pihkanya juga mengundang  sesepuh dan pecinta Bonsai se Jatim,  dan budayawan se-Madura. (gus/min)

Email Autoresponder indonesia