Korupsi DD, Kejari Bangkalan Tahan Camat & Kades Tanjung Bumi

Tersangka Dana Desa MR dan AA saat digiring keluar dari ruang pemeriksaan Kejari Bangkalan.

BANGKALAN, Maduracorner.com, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangkalan melakukan penahanan terhadap Kepala Desa Tanjung Bumi inisial MR. Selain menahan MR, Kejari Bangkalan juga menahan Camat Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan inisial AA.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bangkalan, Dedy Franky, menuturkan, Keduanya ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan setelah melalui proses pemeriksaan sebagai saksi atas dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021.

Bacaan Lainnya

“Keduanya sudah dilakukan pemanggilan beberapa kali dan hari ini kita panggil sebagai saksi dan setelah dimintai keterangan, akhirnya tim penyidik kejaksaan menetapkan tersangka dan langsung melakukan penahanan, terhadap AA dan MR” kata Dedy saat di wawancara awak media, Selasa (28/6/2022).

Anggaran Dana Desa tahun 2021 itu membawa malapetaka terhadap Kepala Desa dan Camat Tanjung Bumi setelah dilaporkan oleh masyarakat. Bahwa terdapat penyelewengan dana desa tahun anggaran 2021 oleh Kades setempat dan terkesan abai dari pengawasan Camat Tanjung Bumi.

Menurut Dedy, modus tersangka MR meraup keuntungan dengan cara  mengurangi Volume pekerjaan fisik. Bahkan kata Dedy dari kegiatan fisik tahun anggaran 2021 ada kekurangan volume.  Sehingga dia memperkirakan negara mengalami kerugian mencapai Rp. 300 juta.

“Untuk saudara AA disangkakan penyalahgunaan wewenang, karena camat berkewajiban untuk melakukan pemantauan dan evaluasi dalam penyaluran dana desa, tapi kenyataannya itu tidak dilakukan,” pungkasnya.

Ditambahkan Dedy, tersangka AA dan MR selanjutnya akan diproses hukum dan langsung di bawa ke Surabaya untuk dilakukan penahanan di tahanan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati). (Red).

Pos terkait