KPU Akan Merekrut Relawan Demokrasi

642 views

 

Intensifkan Sosialisasi Tahapan Pemilu | oleh : agus
Maduracorner.com, Bangkalan – Guna meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu legislatif maupun presiden 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangkalan akan membentuk relawan demokrasi.  Pembentukan relawan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu 2014 mendatang baik pemilu legislatif (pileg) maupun pemilu presiden (pilpres).

Ketua KPUD Bangkalan, Fauzan Jakfar mengatakan bahwa berdasarkan surat edaran dari KPU pusat. KPU kabupaten perlu untuk membentuk relawan demokrasi untuk membantu mensosialisasikan semua tahapan pemilu kepada seluruh masyarakat.

Dia juga menambahkan, rekrutmen relawan demokrasi ini dilakukan langsung oleh KPU Bangkalan. Dengan persyaratan, diantaranya berumur 17 tahun, bukan pengurus partai politik, dan terdaftar sebagai pemilih serta memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

“Anggota relawan demokrasi bertugas melakukan sosialisasi tentang pentingnya pemilu bagi masyarakat. Mereka akan disebar di setiap segmen pemilih untuk menjadi penyuluh demokrasi yang menjelaskan betapa  pentingnya pemilu bagi masyarakat,” ungkapnya.

Masih menurut Fauzan, menurut edaran tersebut, jumlah relawan yang akan direkrut ini sebanyak 25 orang dengan mewakili beberapa segmen. Diantaranya segmen pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, kelompok penyandang disabilitas, dan kelompok pinggiran. Diharapkan program relawan demokrasi ini mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(gus/krs)

Email Autoresponder indonesia