KPU Bangkalan Berharap Pemkab Bantu Anggaran Honor Linmas

889 views
Ketua  KPUD Bangkalan, Fauzan Jakfar-foto : Aryan/MC.com

Ketua KPUD Bangkalan, Fauzan Jakfar-foto : Aryan/MC.com

Honor KPPS Sudah Disediakan | Oleh: Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – KPUD Bangkalan berharap kepada Pemkab. Bangkalan untuk membantu honor para petugas perlindungan masyarakat (Linmas) yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS). “Kami berharap kepada Pemkab Bangkalan, agar supaya membantu anggaran honor Linmas yang bertugas di ratusan TPS pada pesta demokrasi pelaksanaan pemilu pileg maupun pilpres 2014 nanti,” kata Ketua KPUD Bangkalan, Fauzan Jakfar disela-sela acara gelar 3 pilar dalam rangka menjaga situasi dan kondisi keamanan daerah menjelang pemilu di Kabupaten Bangkalan bertempat dipendopo Pratanu Bangkalan, Kamis, (13/3).

Dikatakan Fauzan, Kalau honor para petugas KPPS tidak ada masalah, karena dananya sudah dianggarkan oleh KPU pusat yang masih menjadi persoalan hingga saat ini, adalah honor petugas Linmas. Sebab, jika tidak ada honor praktis nantinya tidak akan ada petugas Linmas di TPS, padahal peran linmas sangat dibutuhkan dalam membantu tugas KPPS.

Untuk diketahui, kata Fauzan, disetiap TPS nantinya akan ditempatkan 7 petugas KPPS, 2 Linmas dan dari aparat Polres Bangkalan. “Oleh sebab itu kami mohon kehadapan bapak Bupati Bangkalan, bisa membantu honor para Linmas ini,” jelasnya.

Pada ksempatan itu, Ketua KPUD Bangkalan menjelaskan tentang urut-urutan hasil penghitung surat suara yang selama ini kerapkali terjadi kerancuan dan cendrung urutannya dibolak-balik. Yang benar menurut dia adalah bersandar pada Peraturan Pemilu 26/2013 tentang pendoman pemungutan suara dan penghitungan suara oleh KPPS. Harus sesuai urutan yakni dimulai dari penghitungan surat suara DPR, dilanjutkan surat suara DPD, kemudian surat suara DPRD Propinsi dan terakhir baru surat suara DPRD Kabupaten.

“Jadi penghitungan surat suara itu tidak boleh dibalik-balik agar tidak menimbulkan kecurigaan dan menjaga jangan sampai terjadi protes dari kontestan pileg maupun pilpres,” pungkas Fauzan.(yan/shb)

Email Autoresponder indonesia