KPU Bangkalan Luncurkan Rumah Pintar Pemilu

573 views

BANGKALAN, MADURACORNER.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan, meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP), di Jalan RE Martadinata, Senin (18/12/2017). RPP yang diberi nama Cakraningkrat ini, merupakan program KPU Pusat sebagai media sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat.

“RPP ini menyediakan data-data seputar pemilu dan menjadi pusat pendidikan bagi pemilih,” jelas Ketua KPU Bangkalan Fauzan Ja’far kepada Maduracorner.com.

Peluncuran RPP tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang. Seluruh elemen masyarakat berhak memanfaatkan fasilitas di pusat edukasi pemilu yang berlokasi di kantor baru KPU itu.

“Diharapkan dengan hadirnya RPP ini, pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam pemilu bisa meningkat. Terutama bagi pemilih pemula,” imbuhnya.

Fauzan menjelaskan nama Cangkraningkat diambil dari nama raja di Bangkalan yang memiliki pemikiran luar biasa terkait sistem demokrasi pada zaman penjajahan. Pada masa itu, Cakraningrat IV menolak pemerintahan yang sentralistik.

“Pemikiran Cakraningrat menjadi salah satu substansi proses demokrasi,” jelasnya.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Bangkalan Faisal Rahman menambahkan, kehadiran RPP ini sangat membantu, karena masyarakat bisa mengetahui tentang semua hal terkait pemilu. Tentunya, juga memudahkan tugas penyelenggara.

“Media pembelajaran di RPP didukung sejumlah fasilitas. Seperti, audio visual, simulasi, display dan forum grup diskusi,” tandasnya. (*)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Achmad