KPU Bangkalan Targetkan Partisipasi Masyarakat Sebesar 85 Persen Pada Pileg 2014

Peran Relawan Demokrasi Sangat Menentukan | Oleh : Aryan

 

anggota KPUD Bangkalan saat memberikan bekal kepada relawan Demokrasi - foto: Aryan/MC.com

anggota KPUD Bangkalan saat memberikan bekal kepada relawan Demokrasi – foto: Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – KPUD Bangkalan mentargetkan partisipasi Masyarakat sebesar  85 persen pada pemilihan legislatif (pileg) DPR, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten di Bangkalan, 9 April 2014. Hal tersebut disampaikan Ketua KPUD Bangkalan, Fauzan Jakfar saat pengukuhan dan penyerahan surat keputusan (SK) pengangkatan kepada 25 Relawan Demokrasi. Setelah diberi SK,  Relawan demokrasi itu kemudian diberi bimbingan teknis (Bintek). “Kita  mentargetkan 85 persen partisipasi masyarakat pada pileg 2014 nanti. Oleh karena itu saya berharap kepada 25 tenaga Relawan Demokrasi yang bertugas melakukan pendekatan dan mensosialisasikan soal pileg 2014 kepada warga bisa bekerja secara maksimal,” ujar Fauzan Jakfar, Kamis, (16/1).
terpisah, Ketua Devisi Sosialisasi, Syaiful Ismail mengatakan, rekrutmen 25 relawan demokrasi yang memiki bermacam – macam latar belakang, basis dan berbagai komunitas yang sudah tidak diragukan lagi. Akan memulai tugas sosialisasinya  pada bulan Januari ini kepada masyarakat,mereka  akan mengajak pemilih yang sudah mempunyia pilih untuk menggunakan hak pilihnya  atau tidak golput pada pileg 2014 nanti. Tugas relawan demokrasi dibagi dalam 5 segmen. Segmen pertama bidang keagamaan dan segmen kedua bidang distabilitas, relawan demokrasi yang ditugaskan lebih diutamakan yang mempunyai latar belakang pendidikan agama, seperti  IPNU, ustad dan ustadah yang sudah biasa memberi ceramah agama. Segmen ketiga pemilih pemula, relawan yang ditugaskan berlatar belakang mahasiswa, HMI dan duta wisata Bangkalan (jebbing). Segmen keempat kaum perempuan, petugas relawannya lebih diutamakan berlatar belakang ustajah, muslimah dan ibu – ibu. Sedangkan segmen kelima untuk komunitas pinggiran, relawan yang ditugaskan berlatar belakang KIPP, GP. Ansor, LSM dan NU.

“Waktu bagi relawan demokrasi untuk melakukan sosialisasi pileg 2014 sangat pendek atau tinggal 82 hari. Tapi KPUD Bangkalan percaya, dengan berbagai latar belakang yang mereka miliki, akan mampu menjalankan  tugasnya dengan baik. Termasuk  menggunakan fasilitas media sosial lewat face book, twitter dan komunitas lainnya, yang berisi ajakan kepada warga agar menggunakan hak suaranya dengan slogan AYO MEMILIH,” pungkasnya. (yan/shb)

Email Autoresponder indonesia