KPU Buka Kembali Kotak Suara Hasil Pemilu 2014

677 views
petugas KPUD Sampang membuka kotak suara disaksikan forpimda, panwas dan perwakilan parpol. foto : sofia/mc.com

petugas KPUD Sampang membuka kotak suara disaksikan forpimda, panwas dan perwakilan parpol. foto : sofia/mc.com

Gugatan PHPU 5 Parpol dan 2 Caleg DPD Dikabulkan MK | oleh : sofia

Maduracorner.com, Sampang – Sejumlah kotak suara hasil pemilu legislatif 2014 dibuka kembali oleh KPU kabupaten Sampang, Kamis (21/5) siang tadi. Pembukaan kotak suara bersegel itu terpaksa dilakukan menyusul dikabulkannya gugatan 5 parpol dan 2 calon anggota DPD terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Untuk memastikan berjalan tertib, pembukaan segel kotak suara itu disaksikan sejumlah perwakilan parpol, anggota Panwaslu dan jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda).

Pembukaan segel kotak suara itu juga didasari instruksi KPU Propinsi Jawa Timur yang memerintahkan KPU setempat mengambil beberapa formulir sebagai alat bukti pada sidang sengketa pemilu di MK.

“Pembukaan kotak suara ini, untuk mengambil beberapa formulir sebagai barang bukti yakni model C1, D1 dan model DA beserta planonya,” terang Komisiner KPUD Sampang Miftahur Rozak.

Rozak mengatakan, gugatan yang diajukan pemohon diantaranya meliputi dugaan kecurangan penggelembungan suara. Mereka berasumsi, data rekapitulasi hasil suara yang mereka miliki berbeda dengan hasil penghitungan suara yang telah ditetapkan oleh KPUD Sampang.

“Ada 5 partai politik yang menggugat melalui jalur MK yakni Partai Demokrat untuk DPR pusat, PKPU untuk DPR pusat, PPP untuk DPRD Provinsi serta Nasdem dan PBB untuk DPRD kabupaten, sedangkan gugatan dari caleg DPD ada 2 orang yakni atas nama Dewi Astuti dan Agus Patminto. Dan semuanya mengarah pada persoalan hasil perolehan yang menurut dugaan pemohon itu tidak sesuai dengan data yang dimiliki,” pungkas Rozak, (21/05). (fia/krs)

 

 

Email Autoresponder indonesia
Tag: