KPU Ngotot Kembali Masukkan 1.102 Nama DPT Yang Dicoret

627 views

 

KPU Kembali masukan 1.102 nama DPT yang dicoret sidalih. foto: agus/mc.com

KPU Kembali masukan 1.102 nama DPT yang dicoret sidalih. foto: agus/mc.com

Secara Faktual Tidak Ada Masalah | oleh : agus

Maduracorner.com,Bangkalan – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangkalan, Fauzan Ja’far bersikukuh kembali memasukkan 1.102 nama pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) meski sebelumnya sudah dicoret dalam Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) oleh KPU pusat.

“Memang di daerah kami, kabupaten Bangkalan telah terjadi pencoretan yang ada di sidalih terhadap DPT yang kita masukkan. Ada pengurangan 1.102 pemilih,” jelas Fauzan.

Namun kemudian, setelah dilakukan kroscek untuk kesekian kalinya, pihaknya tidak menemukan sesuatu yang mengharuskan nama dalam DPT tersebut dicoret.

“Setelah kami lakukan verifikasi faktual bersama teman-teman PPS terhadap 1.102 nama pemilih tersebut. Ditemukan bahwa secara faktual 1.102 nama itu ada orangnya,” urainya lagi.

Oleh karena itu, KPU dengan bekal rekomendasi PPS dan PPK serta atas sepengetahuan penyelenggara yang lain (panwascam dan panwaskab). Pihaknya kembali memasukkan nama-nama yang sudah terlanjur dicoret Sidalih.

“Sehingga sampai dengan malam ini jumlah dpt hasil verifikasi dan pembersihan ternyata masih sama dengan jumlah DPT yang kita tetapkan 13 oktober lalu. Dan seluruh pimpinan parpol menerima hal ini,” terangnya.

Untuk memperkuat hasil verifikasi ini, KPU juga menyiapkan semua data manual terkait singkronisasi DPT. Termasuk berita acara mulai dari tingkat PPS, PPK dengan diketahui Panwascam juga dari kami dan panwaslu.

“Agar 1.102 nama yang akan kita masukkan kembali, secara administratif bisa dipertanggung jawabkan,” pungkas Fauzan.(gus/krs)

Email Autoresponder indonesia