KPU Sumenep Kekurangan 5.850 Lembar SS

615 views

 

KPU Sumenep kekurangan logistik Pileg. foto : teguh/mc.com

KPU Sumenep kekurangan logistik Pileg. foto : teguh/mc.com

Baru Diketahui Setelah Sortir Kelar | oleh : teguh
maduracorner.com, Sumenep – Surat Suara (SS) Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 untuk kabupaten Sumenep masih kurang 5.850 lembar. Menurut Komisioner KPU Sumenep, Moh. Ilyas, S.Ag, kekurangan ribuan SS Pileg itu baru diketahui setelah pihaknya melakukan sortasi dan pelipatan, sejak 26 Februari hingga 6 Maret kemarin.

“Ternyata, kita kekurangan 5.850 SS baik untuk DPR RI, DPD, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten Sumenep. Sortasi dan pelipatan SS sudah tuntas dilaksanakan,” terangnya.

Ia mengungkapkan, untuk SS yang mengalami kerusakan disemua tingkatan, baik DPR RI, DPD, DPRD Propinsi maupun DPRD Kabupaten Sumenep, mencapai 993 lembar.  Kerusakan keseluruhan semua SS  ditemukan 993 lembar. Tingkat kerusakannya sebagian besar karena surat suara sobek dan terbagi dua.

Ilyas mengakui adanya ketimpangan antara jumlah yang rusak dengan kekurangan Surat Suara. Itu disebabkan jumlah tiap kardus yang diterima dalam berita acara, tidak sama dengan hasil sortasi.

“Seperti halnya tiap kardus yang tertera 1.000 lembar SS untuk DPR-RI, ternyata hanya terisi 900-an surat suara. Makanya jumlah yang rusak, dan kekurangan SS menjadi tidak sama,” jelasnya.

Untuk kekurangan SS Pileg, kata Ilyas, akan segera dilaporan ke KPU RI supaya dikirim penggantinya. Diharapakan  dalam waktu dekat  kekurangan SS Pileg bisa secepatnya dipenuhi, agar tidak mengganggu proses pendistribusian. Sesuai jadwal, pendistribusian logistik Pileg 2014 akan dimulai tanggal 26 Maret 2014 mendatang.(tgh/krs)

 

Email Autoresponder indonesia