KPU Sumenep Mulai Distibusikan Logistik Pilgub Jatim Di Tiga Kecamatan Kepulauan

Maduracorner.com, Sumenep- KPUD Sumenep mulai melakukan distribusi logistik Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim), di tiga Kecamatan Kepulauan, yaitu kecamatan Arjasa, Kangayan dan Masalembu, Selasa (19/6/2018)

Ratusan logistik Pemilihan Gubernur Jawa timur (Pilgub Jatim) baik kotak suara dan bilik suara untuk kecamatan Arjasa dan Kecamatan Kangayan diangkut menggunakan dua mobil truk, kemudian dinaikkan ke kapal Dharma Bahari Sumekar 1 di pelabuhan Kalianget, Selasa Pagi (19/6/2018).

Kemudian petugas menaikkan satu-persatu kotak suara dan bilik suara ke atas kapal dengan mendapat pangalawan dari pihak aparat kepolisian, Pengawas Pemilu Kabupaten, serta pihak KPUD setempat.

Komisioner KPUD Sumenep, Abd. Hadi mengatakan hari ini, Selasa (19/6/2018), pihaknya melakukan pendistribusian logistik (Pilgub Jatim) perdana di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Arjasa, Kangayan dan Masalembu. “ Adapun untuk pendistribusian ke kecamatan pulau kangean melalui pelabuhan kalianget dengan menggunakan kapal Dharma Bahari Sumekar 1, sedangkan untuk kecamatan pulau Masalembu langsung dari pelabuhan Tanjung Surabaya,” Ujar Hadi, di sela-sela memantau proses pendistribusian logistik Pilgub Jatim, di pelabuhan kalianget.

Hadi menjelasakan, untuk jumlah logistik (Pilgub Jatim) yang dikirimkan yaitu, untuk kecamatan Arjasa sebanyak 153 kotak suara dan 306 bilik suara, sedangkan kecamatan kangayan 54 kotak suara dan 108 bilik suara, dan Kecamatan Masalembu 67 kotak suara dan 134 bilik suara.
“setelah diturunkan dari kapal, semua logistik akan ditempatkan di masing-masing kantor PPK kecamatan setempat, kemudian akan didistribusian ke tiap-tiap TPS pada H-1 pelaksanaan pencoblosan,” terangnya.

Hadi memastikan, semua logistik yang dikirim ke kepulauan akan aman, pasalnya untuk kota suara sudah dilapisi dengan plastik mengantisipasi kemasukan air di dalam kapal. Selain itu pihak KPU Sumenep, menjamin tidak akan terjadi kebocoran surat suara, karana dalam proses pendistribusian sudah mendapat pengawalan semau pihak, baik aparat kepolisian, Panwaslu kecamatan dan PPK setempat.
“ semua peralatan pencoblosan, baik formulir, tinta, surat suara, dan kelengkapan lainnya sudah terlapisi plastik di dalam kotak suara, kami pastikan semuanya aman. Termasuk kami menjamin tidak akan terjadi kebcoran surat suara karena sudah mendapat pengawalan ketat baik aparat kepolisian ,panwas dan penyelenggara pemilu,” pungkasnya.

Sementara itu Komisioner Pengawas Pemilu Kabupaten Sumenep (Panwaskab), Imam Syafie, mengatakan pihaknya sudah melakukan pengawalan mulai dari penyortiran hingga kepada proses pendistribusian, “ guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, berhubung waktu proses pelaksanaan pencoblosan Pemilihan Gubernur Jatim masih lama, kami terus mengintensipkan pengawasan, khususnya di kepulauan dengan mengerahkan Penwaslu Kecamatan setempat sampai ke titik sasaran,” dalihnya kepada wartawan saat melakukan pemantauan pendistribusian logistik pilgub jatim di pelabuhan kalianget.

Seperti diketahui jumlah DPT Pilgub Jatim di sumenep, yang akan menggunakan hak suaranya di Pemilihan Gubernur Jatim (Pilgub) pada 27 juni mendatang sebanyak 854.158 pemilih atau menyusut sekitar 12. 923 pemilih dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) 867. 081 pemilih. (Sai)