KPU Sumenep Perketat Pemasangan APK Pilkada

242 views
Komisioner KPU Sumenep Rafiqi Tanzil

Sumenep, Maduracorner.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep perketat zona lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

Hal ini dilakukan sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)
Nomer 11 tahun 2020 Pasal 30 ayat 8 tentang penetapan lokasi pemasangan APK.

Di hadapan awak medi, Komisioner KPU Sumenep Rafiqi Tanzil mengatakan, di wilayah kota ada beberapa lokasi yang dilarang untuk penempatan APK. Tujuannya supaya lebih kondusif.

Lokasi-lokasi yang dilarang bertenggernya APK tersebut diantaranya, sepanjang jalan pusat kota, perempatan jalan protokol, taman Bunga, taman Tajamara.

Tak hanya itu, beberapa tempat yang dilarang dipasangi APK juga termasuk tempat ibadah, rumah sakit, gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan.

“Tempat-tempat itu tidak boleh dipasangi,” katanya. Rabu (30/9/20).

Sedangkan di daerah kecamatan dan di pedesaan, kata Rafiqi, pihaknya sudah menentukan titik lokasi yang di anggap tidak melanggar.

“Kami sudah kordinasi dengan Camat dan Kepala Desa, kita juga sudah menentukan lokasi yang boleh dan yang tidak,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, ukuran besar kecil APK juga diatur, baliho paling besar hanya boleh dipasang jika ukurannya 4 meter x 7 meter.

Begitu juga dengan umbul-umbul, maksimal ukurannya 5 meter x 1,15 meter, sedangkan spanduk ukuran paling besar yaitu 1,5 meter x 7 meter. Artinya, apabila ukurannya lebih dari itu tidak diperbolehkan.

“Satiap pemasangan APK wajib melaporkan secara tertulis ke KPU, dan harus sesuai ketentuan PKPU,” pungkasnya. (ZN)

Email Autoresponder indonesia