KPUD Bangkalan Akan tetapkan DPT Secara Berjenjang

639 views

pemilukada Bangkalan

Maduracorner.com,Bangkalan–  Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Bangkalan, ditetapkan secara berjenjang. Itu dilakukan, guna untuk menunggu Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang masih dikoreksi oleh seluruh tim pemenangan bakal calon.

Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar, menyatakan, sejauh ini masalah penetapan DPT masih memasuki tahap pemeriksaan DPS. Hasilnya, nanti baru akan disahkan menjadi DPT, dengan dilakukan secara berjenjang, sesuai dengan tingkatan yang ada. “Jadi, penetapan DPT itu dilakukan secara berjenjang, tidak global dan langsung dilakukan KPUsemua,” terang Fauzan

Dijelaskankan dia, untuk penetapan DPT pertama akan dilakukan ditingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), Sabtu nanti. Selanjutnya, bila tidak ada masalah secara berturut-turut dilakukan penetapan ditingkatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU secara langsung. Untuk penetapan secara keseluruhan oleh KPU, menurutnya, akan digelar Rabu (24/10) minggu depan.

Besar kemungkinan, penetapan DPT ini akan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan pengundian nomor urut pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati. “Yang jelas, untuk DPT menjadi perhatian kami. Makanya, sejak awal kami melibatkan langsung seluruh tim pemenangan untuk melakukan koreksi,” tuturnya.

Fauzan menambahkan, sejauh ini masih ada sisa waktu untuk melakukan koreksi terhadap DPS, sebelum nantinya disahkan menjadi DPT. Bila memang dirasa ada yang perlu dikoreksi, KPU silahkan untuk segera berkoordinasi dengan PPS setempat. “Semangat kami transparan sejak awal, terutama terkait masalah DPT ini untuk dikoreksi bersama-sama. Agar ke depan tidak jadi persoalan,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Panwas Pemilukada Bangkalan, Mashuri, menyatakan, untuk persoalan DPT harus benar-benar tuntas karena rawan disengketakan. Dia juga meminta kepada semua pihak untuk bersungguh-sungguh mengoreksi persoalan DPS, yang dalam waktu dekat akan ditetapkan jadi DPT. “Biar semua tidak ada persolan, silahkan DPS dikoreksi secara menyeluruh,” pungkas Mashuri.(sdo/min)

Email Autoresponder indonesia