KPUD Gelar Sosialisasi Pileg Di Rutan Bangkalan

644 views
KPUD Gelar Sosialisasi Pileg Di Rutan Bangkalan-foto: Aryan/MC.com

KPUD Gelar Sosialisasi Pileg Di Rutan Bangkalan-foto: Aryan/MC.com

Hanya 94 penghuni yang Hak piilih|Oleh: Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan -Sebanyak 228 warga binaan atau nara pidana rumah tahanan (Rutan) Kelas II.B Bangkalan merespon positif pelaksanaan sosialisasi pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2014 yang digelar oleh KPUD Bangkalan, Senin, (24/3). “Walaupun tempat kita berbeda, namun sesuai ketentuan UU yang berlaku dan sebagai seorang warga negara, saudara punya hak pilih dan mencoblos pada pelaksanaan pileg maupun pilpres 2014 nanti di TPS khusus bagi warga binaan,” kata Devisi Sosialisasi KPUD Bangkalan, Syaiful Ismail di aula Rutan Kelas II.B Bangkalan.

Karena itu, dia mengharapkan, lanjut Syaiful, kepada semua warga binaan yang mempunyai hak pilih di Rutan Kelas II.B Bangkalan menggunakan hak suaranya pada pesta demokrasi 5 tahunan pileg dan pilpres 2014 yang akan datang. “Silahkan pilih sesuai hati nurani masing – masing. Kalau tidak ada yang baik, pilih yang terbaik diantara yang ada, yang penting jangan sampai golput,”paparnya

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Kota Bangkalan, Sucipto didampingi Kepala Rutan Kelas II.B Bangkalan, Hari Winarta, menjelaskan bahwa dari 228 warga binaan yang terdiri dari 224 laki-laki dan 4 perempuan, yang terdaftar dan punya hak pilih, saat ini hanya 94 orang. “Warga binaan yang mempunyai hak pilih jumlahnya 94 orang. Sisanya, 134 orang yang belum mendapat undangan dan bila sesuai UU dinyatakan mempunyai hak pilih, agar secepatnya meminta tolong kepada istri atau keluarga untuk dicarikan surat keterangan pindah dan dilampiri fotocopy KTP warga binaan yang bersangkutan. Paling lambat 3 hari menjelang pelaksanaan pileg 9 April 2014 nanti, surat keterangan pindah sudah diserahkan kepada Kepala Rutan dan diteruskan kepada petugas PPK Kecamatan Kota Bangkalan,” terang Sucipto.

Untuk lebih memantapkan hasil dari sosialisasi pemilu pileg dan pilpres serta cepat dimengerti di Rutan Kelas II.B Bangkalan itu. Ketua PPK, Sucipto berkomunikasi dengan bahasa Madura dan menjelaskan semua proses yang harus dilalui pemilih pada pelaksanaan pileg dan pilpres 2014. Termasuk memperkenalkan 4 model surat suara berwarna kuning, merah, biru dan hijau yang akan dicoblos di TPS. Serta peragaan atau praktek pencoblosan langsung oleh 2 warga binaan sebagai contoh dan diperhatian oleh ratusan warga binaan lainnya. “Surat suara warna kuning untuk memilih anggota DPR, warna merah untuk DPD, warna biru untuk memilih anggota DPRD Provinsi Jatim dan warna hijau untuk memilih anggota DPRD Kabupaten Bangkalan, papar Sucipto. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia