Kreatif, Misbah Sulap Pipa Air Jadi Lampu Hias Bernilai Puluhan Juta

Misbah menunjukkan lampu hias karyanya yang terbuat dari pipa air. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Luar biasa seorang pemuda kreatif yang terbilang sukses di Kabupaten Sumenep. Sebab dapat membuat lampu hias dari bahan pipa air hingga maraup keuntungan puluhan juta rupiah per bulan. Tidak hanya itu, dari hasil karyanya itu banyak dipesan orang luar negeri, sampai kewalahan karena keterbatasan SDM.

Moh. misbah (30) warga Desa Parsanga, Kecamatan/Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mampu membuat lampu hias dari bahan pipa air, yang biasanya dijadikan sabagai saluran air, tetapi disulap hingga menjadi bahan bernilai hingga meraup keuntungan puluhan juta per bulan.

Dalam proses pembuatannya, pipa air itu dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian diiris lalu dibentuk dengan aneka macam model lampu hias, baik lampu untu di ruang tamu maupun lampu hias dalam kamar.

Setelah itu pipa yang sudah dibentuk kemudian dihaluskan dengan cara dicat, sehingga kelihatan lebih elegan tidak kalah bagus dengan kualitas buatan pabrik pada umumnya. Setelah dihaluskan lalu di bagian dalamnya dilapisi dengan fiber yang berwarna putih, baru kemudian dikasih fetting listrik yang siap digunakan.

“Setiap hari saya mampu membuat empat lampu hias dengan model yang berbeda, meski enggunakan alat seadanya,” katanya.

Adapun harganya kata Misbah, bervariasi sesuai dengan tingkat kesulitan membuatnya, mulai dari harga Rp 65 ribu hingga Rp 250 ribu rupiah per satu lampu hias.

Menariknya, selain dijual secara manual, membuat lampu hias itu dijadikan konten akun youtube-nya, sehingga dari konten itu dia mampu memperoleh pendapatan dari youtube hingga Rp 60 juta rupiah perbulan, sehingga misbah dikenal youtuber paling sukses di Kabupaten Sumenep karena pendapatanya sangat besar.

“Berkat diaploud di akun youtube banyak orang luar negeri yang memesan. Bahkan saking banyaknya pesanan sampai tidak mampu melayani karena keterbatasan SDM,” paparnya.

Misbah menuturkan, memulai kreatifitasnya ini sejak awal tahun 2017 lalu, dan hingga saat ini sudah ratusan lebih model lampu hias yang ia hasilkan,”Saya lakukan secara mandiri tanpa sentuhan dari pemerintah ,” tandasnya. (*)

Penulis: Sai

Editor: Ahmad