Kuasa Hukum Korban Penipuan Pertanyakan Kelanjutan Proses Hukum

Pencara, Bachtiar,SH

Pencara, Bachtiar,SH

Bangkalan,Maduracorner.com– Kuasa Hukum Habib Sholeh Alatas (37) warga Dusun Lok Plok Desa Trogan Kecamatan Klampis yang menjadi korban penipuan kasus jual beli tanah mendatangi Polres Bangkalan. dia mempertanyakan tersangka mantan Kepala Desa (Kades) Tobaddung, Kecamatan Klampis, Abd Aziz (46) dan anaknya, Malik Amrulloh (26) yang yang tak kunjung ditahan dalam kasus tersebut. Padahal, berkas kasus tersebut sudah dinyatakan P21 alias sempurna oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat.

“Kedatangan kami kesini untuk mempertanyakan kelanjutan kasus penipuan jual beli tanah yang dilakukan oleh kedua tersangka. Sebab, Habib Sholeh Alatas sebagai korban merasa dirugikan dan menginginkan kasus ini diproses sesuai hukum yang berlaku,” ujar Bakhtiar, SH selaku penasehat hukum Habib Sholeh Alatas saat mendatangi ruang penyidik Polres Bangkalan.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bangkalan, AKP Andy Purnomo mengatakan berkas kasus ini sudah P21 atau telah dinyatakan lengkap dan sempurna. Jadi saat ini penyidik tinggal melakukan tahap ke II yaitu pengiriman tersangka dan barang bukti (BB) ke Kejaksaan Negeri. Pihaknya mengaku memang tidak melakukan penahanan terhadap kedua tersangka. Namun, sudah melayangkan surat penggilan sebanyak dua kali.”Sudah dua kali dilakukan pemanggilan, tersangka tidak datang ke polres. Dalam waktu dekat, kami akan menjemput paksa tersangka,” janjinya.

Andy menambahkan, tersangka terancam dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan. Adapun ancaman hukumannya maksimal empat tahun penjara. Pihaknya memastikan sekalipun tidak dilakukan penahanan, tersangka tidak akan melarikan diri ke luar Bangkalan. Dengan demikian, tinggal melakukan kordinasi dalam melakukan penjembutan terhadap tersangka. “Kita tinggal menunggu waktu saja untuk menjemput tersangka,” tandasnya.

seperti yang pernah dimuat Maduracorner.com,  kasus ini berawal pada hari jumat 14 Maret 2014 sekitar 15.00 WIB. Habib Sholeh Alatas membeli sebidang tanah Kohir No.721 persil 38 Blok II seluas 505 M2, a.n Malik Amrullah yang terletak di Desa Tobadung Kecamatan Klampis. Kemudian terjadi kesepakatan harga oleh kedua belah pihak sebesar Rp.170.000,000,- dengan rincian telah dibayar dimuka Rp.3.000.000,- sebagai tanda jadi. Selanjutnya dibayar lagi sebesar 147.000,000, sedangkan sisanya sebesar Rp.20.000,000, akan dibayar apabila proses konversi/persetifikatan telah selesai. Akan tetapi, pada Minggu akhir bulan Juni 2014, Habib Sholeh Alatas mandapat informasi objek tanah tersebut telah dijual lagi kepada orang Fathur Rozi warga Kecamatan setempat.

penulis   : Anto

Editor    : Sohib

Email Autoresponder indonesia