Kurangi kebocoran PIPA, PDAM Beli Alat Deteksi Kebocoran Senilai Rp 300 Juta

Water Lead Detector alat canggih deteksi Kebocoran I Oleh : Agus Budi

Maduracorner.com, Bangkalan – Untuk mengurangi tingkat kebocoran air, PDAM Sumber Pocong Bangkalan berencana membeli alat pendeteksi kebocoran (Water Lead Detector) seharga Rp 300 juta. Hal tersebut dilakukan kerena hingga saat ini, tingkat kebocoran air yang terjadi pada jaringan pipa PDAM mencapai 39 persen.

Directur PDAM Sumber Pocong Bangkalan Sutrisno melalui bidang teknik PDAM Hadi Mulya menjelaskan PDAM berencana akan membeli alat pendeteksi kebocoran untuk mengurangi kebocoran pada jaringan pipa PDAM. “Alat Pendeteksi Kebocoran atau Water Lead Detector ini untuk letak atau posisi kebocoran yang terjadi pada jaringan pipa PDAM, dan alat ini lebih canggih dari alat deteksi kebocoran yang saat ini kami punya yang berupa “Listening Stick”, jelas Hadi Mulya.

Dijelaskan Hadi Mulya, tingkat kebocoran yang terjadi di jaringan pipa PDAM sekarang mencapai 39 persen, tahun sebelumnya mencapai 41 persen, “kami mentargetkan kebocoran itu pertahunnya turun 3 persen Berdasarkan permendagri no. 47/1999, yang bagus tingkat kebocoran itu hanya 20 persen,” katanya.

Selain kebocoran pada jaringan pipa, lanjut lanjut Hadi, tidak ada kendala lain yang dialami PDAM Bangkalan, “kalaupun ada itu hanya pemasangan pompa air yang langsung ke jaringan PDAM oleh pelanggan dan itu berdampak pada rusaknya water meter”, pungkas Hadi. (gus/shb)

Email Autoresponder indonesia