Lagi-Lagi Kebakaran Disebabkan Bakar Sampah Sembarangan

417 views

image

Bangkalan, maduracorner.com,   – Warga Kramat Tikus, Kelurahan Demangan, Bangkalan sempat dibuat panik minggu (14/9/2014) siang. Pasalnya, perkebunan salak yang berada di sekitar pemukiman penduduk terbakar. Mereka sempat khawatir api merembet ke tempat tinggal mereka. Beruntung kebakaran bisa dipadamkan setelah 2 mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Arif, salah seorang warga sekitar mengatakan, kebakaran diduga akibat pembakaran sampah sembarangan oleh seorang warga setempat. Api sampah yang semula kecil kemudian merembet luas membakar kebun salak. Si jago merah dengan mudah melalap kebun salak karena tiupan angin kencang musim kemarau.

Apalagi, di sekitar lokasi pembakaran sampah memang berserakan dedaunan kering. “Membakar sampah sembarangan, begini jadinya mas. Kalau api sudah membesar, baru semuanya panik. Warga seharusnya tahu, ini musim kemarau. Api mudah merembet akibat tiupan angin kencang”,sungut Arif kepada maduracorner.com.

Bukan hanya pohon-pohon salah yang hangus terbakar, api juga menghanguskan rerimbunan pohon bambu yang tumbuh liar di antara pohon salak.

Awalnya warga yang panik berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun tiupan angin kencang membuat warga kesulitan. Beruntung, 2 unit mobil PMK milik Pemkab Bangkalan segara tiba ke lokas. Api pun bisa segara dipadamkan sebelum sampai ke pemukiman warga.

Kasus kebakaran yang disebabkan membakar sampah sembarangan ini sudah kedua kalinya terjadi di wilayah Bangkalan kota dalam seminggu terakhir. Beberapa hari yang peristiwa yang sama juga terjadi di belakang kantor Dinas Perhubungan Bangkalan. Ini menjadi peringatan keras bagi warga. Bahwa mereka seyogyanya didak asal-asalan membakar sampah di musim kemarau karena bisa berakibat fatal.
Penulis: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia