Lahan Gambut seluas 2 Hektar Terbakar, Api Sambar Gedung SMKN- 2

tampak warga dan petugas pemadam kebakaran saat berupaya memadamkan api yang membakar atap gedung SMKN-2 Bangkalan-Foto : Didien/MC.com

Maduracorner.com, Bangkalan– lahan gambut yang berada di belakang sekolah SMKN-2 di jalan Halim Perdana Kusuma (ringroad)  terbakar, angin yang bertiup kencang membuat api bertambah besar dan membakar rumput kering seluas 2 Hektar, bahkan api sempat membakar atap gedung sekolah SMKN-2 tersebut, beruntung api bisa dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran milik pemkab Bangkalan segera tiba dilokasi dan segera memadamkan kobaran api tersebut.

Informasi yang dihimpun dilapangan menyebutkan, siang itu ada seorang pencari rumput yang membuang puntung rokok dilahan  gambut tersebut. Si pencari rumput tidak  mengira kalau puntung rokok yang dibuang menjadi penyebab kebakaran lahan gambut tersebut. ”Tadi ada orang mencari rumput, merokok lalu puntung rokoknya dibuang sembarangan ya jadinya terbakar,” kata Penjaga skolah SMKN-2, Muafi.

Dijelaskan Muafi, selain puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pencari rumput, ada juga masyrakat yang membakar sampah. “Ada juga yang membakar sampah itu pak, ya kalau gak ada warga yang menolong memadamkan termasuk mobil pemadaman, api bisa sampek ke sekolah ini,” tutur Muafi.

Begitu berhasil memadamkan api yang membakar  atap gedung SMKN-2 itu petugas Pemadam langsung melakukan pembasahan di lahan gambut yang terbakar hebat,  beberapa lokasi berhasil dipadamkan,  namun karena lahan yg terbakar lokasinya cukup sulit dan terhalang tembok sekolah, maka petugas  pemadam kebakaran tidak bisa memadamkan kobaran api sekaligus. hingga brt ini  ditulis, api masih membakar lahan gambut terutama di lokasi yg sulit di jangkau oleh mobil pemadam kebakaran. (din/min).