Laka Lantas Tinggi, Belasan Pengendara Meninggal di Wilayah Bangkalan di Bulan Juli

 
Petugas Satlantas Menunjukkan Salah Satu Sepeda Motor Yang   Kecelakaan di Ruas Jalan Akses Suramadu

Petugas Satlantas Menunjukkan Salah Satu Sepeda Motor Yang Kecelakaan di Ruas Jalan Akses Suramadu


Bangkalan, maduracorner.com – Kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bangkalan terbilang cukup tinggi. Buktinya, pengendara yang  tewas di jalan raya jumlahnya mencapai belasan orang selama bulan Juli 2016. Rata-rata korban jiwa tersebut merupakan pengendara roda dua.

Berdasarkan data Satuan Lalu Lintas Polres Bangkalan, insiden kecelakaan pada bulan Juli sebanyak 27 kasus. Dengan rincian, korban tewas mencapai 14 orang, luka berat 4 orang dan 43 orang menderita luka ringan. Kerugian materi sebesar Rp 161.500.000.

Sementara pada bulan Juni 2016, terdapat 18 kasus kecelakaan. Sebanyak 10 pengendara merenggang nyawa, 8 luka berat dan 18 pengendara mengalami luka ringan. Kerugian materi Rp. 55.000.000.

Dengan demikian, perbandingan antara bulan Juli dan Juni jumlah kecelakaan mengalami peningkatan 33,35 persen. Sedangkan lokasi yang paling dominan terjadi kecelakaan yakni wilayah akses Suramadu sebanyak 5 kasus.

Kasat Lantas Polres Bangkalan, AKP Ady Nugroho menyatakan, tingginya jumlah kecelakaan karena pada bulan Juli bertepatan dengan padatnya arus mudik dan balik lebaran. “Pemicunya pengendara tidak hati-hati dan tidak tertib berlalu lintas,” ucap perwira tiga balok kuning dipundakanya itu kepada maduracorner.com, Selasa (2/8/2016).

Menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan terjadinya kecelakaan. Semisal, pemasangan spanduk peringatan di sejumlah titik, patroli rutin dan sosialisasi.

Namun, upaya tersebut menjadi sia-sia jika pengendara tidak mematuhi aturan. “Kami selalu mengajak agar mengutamakan keselamatan sebagai budaya berkendara,” tandasnya.‎ (her/mad)

Penulis:
Ahmad Heryanto
Editor: Mamad el Shaarawy