Lebih dari Lima Kandidat, Calon Kades Wajib Ikuti Uji Kompetensi

Bangkalan, Maduracorner.com, ‎Animo masyarakat untuk mengikuti perhelatan menjadi Kepala Desa di Kabupaten Bangkalan masih tinggi. Dari jumlah total sebanyak 120 desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada 5 Mei 2021.

Tercatat ada 11 (sebelas) desa yang tersebar di 7 (tujuh) Kecamatan di Kabupaten Bangkalan yang bakal calonnya lebih dari 5 (lima) pendaftar. Sehingga nantinya harus mengikuti tahapan scoring dan uji kompetensi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan Ahmad Ahadiyan Hamid melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) , Handiyansyah mengatakan, Tahapan pilkades sekarang ini masih tahap pemberkasan keabsahan bakal calon kepala desa.

“Berkas administrasi nantinya P2KD yang meneliti dan memverikasi berkas calon yang sudah terkumpul, setelah itu selesai nanti ada tahap selanjutnya”ujarnya. (02-03-2021)

Menurut dia, dari 120 desa yang akan menggelar pilkades serentak tersebut jumlah bakal calon kades yang mendaftar telah memenuhi syarat minimal masing-masing desa ada dua calon.

“Semuanya sudah mendaftar dan resmi ada Bacakadesnya, itu sudah sesuai ketentuan yang ada yakni minimal 2 sampai 15 calon,” kata dia.

Namun, kata Handiyansyah dari 120 Desa tersebut, ada 11 Desa yang bakal calon kepala desa lebih dari 5 orang maka perlu tahapan scoring dan uji kompetensi.

“Sesuai dengan peraturan pelaksanaan pilkades, calon kades yang mengikuti pilkades maksimal lima orang. Maka, untuk menentukan lima orang calon tersebut, perlu uji kempetensi,”kata Handiyansyah.

Ia menambahkan, uji kompetensi itu akan dilakukan oleh pihak akademisi yang ditentukan oleh TFPKD (Tim Fasilitator Pemilihan Kepala Desa).

“Sementara untuk skoring akan dilakukan oleh panitia, sedangkan uji kompetensi akan dilakukan oleh pihak ketiga,”ungkap dia. (Ris)

Berikut desa yang memiliki calon lebih dari lima orang :

  1. Kecamatan Burneh : Desa Arok 7 orang, Desa Kapor 7 orang, Desa Perreng 7 orang.
  2. Kecamatan Blega : Desa Lomaer 15 orang.
  3. Kecamatan Gegger : Desa Batobella 6 orang.
  4. Kecamatan Modung : Desa Patenteng 6 orang.
  5. Kecamatan Kamal : Desa Banyauajuh 7 orang, Desa Gili Anyar 7 orang, Desa Kamal 6 orang.
  6. Kecamatan Tanah merah : Desa Tanah Merah Laok 8 orang.
    7.Kecamatan Tragah : Desa Pamorah 7 orang.
Email Autoresponder indonesia