Lebihi Muatan, Kapal Perintis Tetap Nekat Berlayar

774 views
ilustrasi

ilustrasi

Cuaca buruk | oleh : Razak
Maduracorner.com,Sumenep- Kapal Printis Dharma Bahari Sumekar melayani pelayaran dari pelabuhan Kalianget ke Pulau Kangean melebihi kapasitas. Meskipun melebihi kapasitas, namun kapal tersebut nekat berangkat. membludaknya penumpang ke pulau kangean akibat cuaca buruk, sehingga jarang ada kapal yang berlayar melayani penyeberangan ke pulau tersebut.
Kapal itu melebihi kapasitas, karena jumlah barang dan penumpang sama-sama banyak, akibatnya barang kiriman ke pulau bercampur dengan penumpang, sehingga bagian dalam kapal penuh.

“Beginilah kehidupan warga pulau, semakin bagus makanya banyak penumpang namun alat transportasinya semakin jelek, masak penumpang dijadikan satu dengan barang harusnya kan di pisah pak,” kata salah seorang penumpang.

Administrasi pelabuhan Kalianget, Fajar, mengatakan, agar supaya kapal berlayar dengan aman, penataan barang dan penumpang diatur. “Kelebihan muatan, kapal jadi miring ke kiri dan satu-satunya cara kita keluarkan dulu lalu penumpang lalu di isi dengan barang,” kata Fajar
akibat kapal melebihi kapasitas, banyak penumpang memilih naik ke bagian atas kapal meski beresiko terhempas angin saat terjadi ombak besar di tengah laut, namun warga pulau Kangean itu tetap nekat ikut kapal, meski harus berdesakan, karena tidak ada lagi kapal yang berani berlayar ke pulau Kangean, selain kapal Perintis Dharma Bahari Sumekar, akibat cuaca masih belum terlalu bagus. (Zak /min)

Email Autoresponder indonesia