Legen Desa Maneron, Bantu Bersihkan Penderita Penyakit Batu Ginjal

Khasiat Legen Maneron | Oleh : Aryan

Manenti penjual minuman legen dipinggir jalan desa Maneron Kecamatan Sepulu-Foto : Aryan/MC.com

Manenti penjual minuman legen dipinggir jalan desa Maneron Kecamatan Sepulu-Foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Minuman legen atau yang popular disebut juga Nira ternyata bisa membantu membersihkan dan menghancurkan penderita batu ginjal. Penyakit ini biasanya kerap menimpa orang-orang yang kerjanya duduk, termasuk para supir MPU, supir bus dan truck besar “Saya 3 hari sekali membeli legen 4 hingga 5 botol air mineral ukuran besar dari Desa Maneron ini. Selain rasanya manis dan segar, minuman legen ini juga berkhasiat membersihkan dan menghancurkan batu ginjal,” ujar supir truck dari Tanjung Bumi, Moh.Rofik kepada MC.com, Kamis (06/06).
Menurut pengalaman Rofik, sebelum minum legen yang mulanya hanya dianggap sebagai minuman segar biasa, akan tetapi setelah rutin diminum setiap hari dalam ukuran gelas besar ternyata khasiatnya sangat luar biasa. “Penyakit batu ginjal yang saya derita hampir 5 tahun dan rasanya sangat sakit sekali. Alhamdulillah, setelah minum legen secara rutin, batu ginjal itu hancur  menjadi pasir halus dan keluar bersamaan dengan air kencing. Maka dari itu jangan heran mas, jika para supir minum legen yang berhasiat ini,” tutur Rofik.

Sementara itu, penjual legen Manenti mengatakan jenis legen yang dijual ada dua macam. Warna putih untuk pengobatan dan yang warna kuning untuk minuman biasa rasanya manis juga. 1 botol legen ukuran botol air mineral besar harganya Rp 5 ribu, ukuran botol air mineral sedang 1 botol Rp. 2 ribu. “Selain bisa membantu membersihkan dan menghancurkan batu ginjal, minuman legen ini juga cocok untuk pekerja yang banyak duduk agar legen ini awet sebaik nya ditaruh dalam kulkas karena kalau lebih dari 2 hari rasanya sudah kecut dan kasiatnya sudah hilang,” terang Manenti. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia