Liga Pelajar Bangkalan Rawan ‘Kecurangan’

603 views

 image

maduracorner.com, Bangkalan – Sudah jamak penggemar sepakbola di Indonesia mendengar banyaknya kecurangan di kompetisi sepakbola nasional. Termasuk pada level kompetisi kelompok umur. Pada tingkatan ini, salah satu kecurangan yang sering terjadi adalah ‘pencurian’ umur pemain.

Hal ini pula yang dikhawatirkan oleh sebagian pihak saat Liga Pelajar di Kabupaten Bangkalan mulai digelar sejak senin (13/10/2014) sore tadi. Pasalnya, upaya kecurangan semacam ini mudah dilakukan jika pihak panitia penyelenggara tidak teliti saat melakukan screening pemain masing-masing tim. Apalagi panitia menetapkan, pemain yang boleh berlaga adalah mereka yang yang lahir maksimal tahun 1997.

Kekhawatiran ini juga dilontarkan oleh kelompok supporter K-Conk. Menurut mereka, orientasi tim yang ingin berprestasi tapi menistakan sisi pembinaan seringkali menjadi factor utama munculnya kecurangan tersebut.
 
“Kecurangan semacam itu adakalanya dilakukan oleh tim yang hanya memikirkan cara instan meraih prestasi. Sehingga akhirnya menghalalkan segala cara”,ujar Presiden Mabes K-Conk Jimhur Saros kepada maduracorner.com. “Maka pihak penyelenggara harus selektif dan ketat melakukan screening pemain. Jika ada yang curang, langsung saja tindak tegas”,tambahnya.

Salah satu cara kecurangan lain yang dilakukan menurut Jimhur Saros adalah memainkan pemain yang bukan asli siswa sekolah yang bersangkutan. “Tinggal meminjamkan buku raport siswa atas nama A sebagai syarat untuk pendaftaran pemain illegal tersebut. Bisa jadi pemain illegal ini adalah mantan siswa sekolah tersebut. Ini laporan yang masuk ke kami”,terang Jimhur lagi.

Sebagai catatan, gelar juara Liga Pelajar kabupaten Bangkalan 2013 lalu direbut tim sepakbola SMAN 1 Kamal. Mereka menumbangkan tim SMAN 2 Bangkalan di partai final. Untuk tahun ini, sebanyak 12 sekolah mengirimkan tim sepakbolanya untuk diikutkan dalam kompetisi ini.

Pada partai perdana, SMAN 1 Kamal menunjukkan kapasitasnya sebagai juara bertahan. Mereka menghajar tim sepakbola pelajar SMKN Arosbaya dengan 5 gol tanpa balas. Pada babak selanjutnya, SMAN 1 Kamal akan menghadapi tim SMAN 2 Bangkalan yang mendapat jatah bye. Uniknya, kedua tim merupakan finalis di musim sebelumnya.

Laga kedua tim akan dilangsungkan hari selasa (14/10/2014). Selain pertandingan tersebut, laga lain pada hari yang sama mempertemukan SMAN 1 Bangkalan vs SMAN 1 Arosbaya dan SMAN 4 Bangkalan melawan SMKN 2 Bangkalan. Semua laga akan digelar di lapangan alun-alun kota Bangkalan.
 
 
Penulis: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia