Lima Kecamatan Di Bangkalan  Rawan Bencana Longsor

666 views
Kepala BPBD kabupaten Bangkalan, Wahid Hidayat

Kepala BPBD kabupaten Bangkalan, Wahid Hidayat

Bangkalan,Maduracorner.com – Kepala  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Wahid Hidayat menyatakan  secara letak geografis, sedikitnya ada 5 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bangkalan berpotensi bencana tanah longsor.

Dikatakan  Wahid Hidayat, selain angin puting beliung, bencana tanah longsor harus juga diwaspadai  “Yang perlu diwaspadai oleh masyarakat juga bencana tanah longsor, dan itu diwilayah yang banyak perbukitannya, seperti di wilayah Kecamatan Geger, Kokop, Konang, Galis dan Tanah Merah,” kata Wahid hidayat, Rabu (17/12/2014)

Namun kata Wahid Hidayat, tanah perbukitan yang berpotensi langsor tersebut tidak seperti di Banjarnegara, Jawa Tengah. Pasalnya meskipun perbukitan, namun bukan tanah murni, namu bercampur dengan batu kapur.

untuk di Bangkalan sendiri meskipun berpotensi, namun kecil, kata Wahid Hidayat,  tidak seperti bencana lonsor yang terjadi di Banjarnegara. “Ya hanya berpotensi kecil, kalau sampai kejadian seperti di Bajarnegara  saya rasa tidak ada, karena semua perbukitan yang ada rata-rata tanah kapur,” tuturnya.

Dikatakan Wahid Hidayat,  dalam  menghadapi hujan dengan intensitas tinggi pihaknya menghimbau dan meminta kepada masyarakat  kabupaten Bangkalan,  apabila terjadi bencana alam, seperti Tanah Longsor dan juga Angin puting beliung, untuk secepatnya melapor pada pihak BPBD, agar dapat secara cepat ditindaklanjuti.

Ditambahkan Wahid Hidayat, untuk daerah yang paling berpotensi terjadinya bencana banjir dan angin puting beliung di  wilayah kecamatan Blega Bangkalan. ” Ya kalau yang paling berpotensi banjir dan puting beliunng di wilayah Bangkalan ialah desa Blega.

penulis : Anto

editor     : Sohib

 

Email Autoresponder indonesia