Lucunya Goyang Dumang Ala Bripka Komang di Jalanan Kota Bangkalan

image

Lucunya Goyang Dumang Ala Bripka Komang di Jalanan Kota Bangkalan

Bangkalan,maduracorner.com – Di tengah stigma negatif terhadap institusi Polri, ternyata masih banyak anggota mereka yang bisa memberikan pandangan positif pada korps baju coklat ini. Salah satunya seperti yang dilakukan anggota Unit Pendidikan Masyarakat Satlantas Polres Bangkalan.

Nama polisi ramah tersebut yakni Komang Adiyanto Ratmawan. Setiap kali mengatur arus lalu lintas di jalanan kota bangkalan, ia mampu menghadirkan suasana berbeda. Tanpa rasa canggung dan malu, polisi berpangkat Brigadir Kepala (Bripka) ini sangat menghibur bagi para pengendara dengan joget goyang dumang yang saat ini sedang populer.

Setiap kali bertugas, Bripka Komang selalu membawa mini microphone yang diberi lagu goyang dumang. Ia biasanya melakukan aksi menghibur ini saat mengatur lalu lintas di pagi hari, yakni antara jam 06.00 WIB hingga jam 07.30 WIB. Selama kurang lebih 1,5 jam tersebut, jalanan kota Bangkalan memang sedang padat karena bersamaan dengan masyarakat yang sibuk berangkat kerja atau berangkat sekolah.

Lokasinya pun tidak tetap. Tergantung dari posting atau giliran pengamanan yang sudah terjadwal. Tapi biasanya, ia terlihat di pertigaan lampu merah Tom & Jerry, Junok atau di pertigaan lampu merah Senenan.

Bripka komang menyatakan, cara menghibur yang sudah sebulan terakhir dilakukannya ini ternyata cukup efektif tatkala menegur pengendara agar taat terhadap peraturan. “Seperti halnya himbauan agar menghidupkan lampu kendaraan di siang hari. Pengendara biasanya langsung menghidupkan lampu sambil tersenyum ketika saya tegur. Kenapa? Karena saya menegur mereka dengan cara menghibur”,terang Bripka Komang kepada maduracorner.com, kamis (12/03/2015) pagi.

“Padahal sebelumnya saat saya belum melakukan ini, banyak pengendara cuek begitu saya tegur. Ternyata cara menghibur seperti ini lebih efektif daripada dengan tampang sangar, mas”,tambah Komang dengan sumringah.

Meski begitu, cara ini tentu saja menghadirkan resiko bagi dirinya tatkala beraksi di tengah jalan. “salah satunya, beberapa kali terkena serempet pengendara motor”,kata Bripka Komang sambil tergelak.

Mengenai penilaian orang, Bripka Komang mengaku cuek jika aksinya ini dinilai negatif oleh pihak lain. Bagi dirinya yang terpenting, ia tetap melaksanakan tugas sebagai abdi masyarakat sekaligus dan penegak hukum di jalan raya.

“Saya tidak apa-apa mau dibilang gimana oleh orang. Mau diejek polisi kurang waras atau polisinya bagaimana, saya tidak masalah”,ucapnya sambil tergelak lagi.

“Saya tak malu melakukan ini. Karena bagi saya yang terpenting, saya tetap bisa menegakkan hukum, memberikan himbauan kepada masyarakat tentang aturan berlalu lintas yang benar serta dalam rangka keselamatan para pengendara sendiri. Dan pastinya juga bisa menghibur pengendara”,jelas Bripka Komang dengan mimik serius.

“Dan yang terpenting juga, apa yang saya lakukan ini sudah atas sepengetahuan dan seijin pimpinan saya. Jadi bagi saya tidak ada masalah dengan penilaian pihak lain”,pungkasnya mengakhiri percakapan dengan kru maduracorner.com. (yan/mad)

Penulis: Aryan
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia