Maba  FE UTM  Desak Uang Ikoma Dihapus

680 views
image

Maba FE UTM Desak Uang Ikoma Dihapus-foto: Aryan/MC.com

Bangkalan,Maduracorner.com-puluhan mahasiwa baru (Maba) dari Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, menggelar aksi  unjuk rasa, mereka  medesak Dekan FE  UTM Bangkalan agar menghapus pungutan Ikoma (Ikatan orang Tua Mahasiswa) FE UTM  sebesar Rp 300 ribu. Mereka beralasan tidak perlu ada pungutan Ikoma lagi, karena mahasiswa sudah dikenakan pungutan uang kuliah tunggal (UKT). Oleh karena itu mereka  keberatan. “Kami butuh penjelasan dan kami tuntut dekanat agar menghapus pungutan Ikoma,” ujar salah satu mahasiswa baru (maba) Ahmad Zahid, saat diajak berdialog dan ditemui secara lesehan didepan gedung rektorat UTM Bangkalan oleh Dekan FE UTM, Tribanus didampingi Ketua BEM UTM Bangkalan, Amin , dan Ketua Ikoma FE UTM Bangkalan,Hakim Tolani, Rabu, (17/9/2014).

Dikatakan Ahmad Zahid, Pungutan Ikoma tersebut juga tidak adil  sebab pungutan Ikoma hanya dikenakan kepada mahasiswa baru saja sedangkan mahasiswa lama tidak dipungut Ikoma. Itu sebabnya maba meminta kepada Dekan FE UTM Bangkalan untuk menghapus pungutan Ikoma yang selama ini tidak jelas penggunaanya. “Kami tetap menuntut pungutan Ikoma sebesar Rp.300 ribu tersebut dihapus,” tukasnya. 

Sementara itu, Ketua Ikoma FE UTM Bangkalan, Hakim Tolani menjelaskan bahwa pungutan Ikoma itu sudah melalui persetujuan orang tua mahasiswa yang tergabung di Ikoma sebelumnya.  Jadi, kalau maba minta Ikoma dibubarkan, mahasiswa harus minta kepada orang tua masing-masing.

Sebab Ikoma itu terbentuk karena usul dari orang tua mahasiswa. Kemudian, untuk lebih jelasnya lagi tentang penggunaan pungutan Ikoma itu, secara lebih mendetail lagi Hakim Tolani menjelaskan, bahwa uang Ikoma yang teah terkumpul itu sebanyak 75 persen telah dan akan digunakan untuk kegiatan aktifitas BEM UTM Bangkalan, membantu mahasiswa yang berprestasi, pembuatan lapangan basket, fasilitas pembuatan skripsi mahasiswa dan lain-lainnya. “Sesuai pasal 3 yang tercantum di anggaran dasar Ikoma, disebutkan didalam membantu semua aktifitas dan kegiatan kampus, Ikoma bertugas menghimpun tenaga dan dana untuk pengembangkan dan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terang  Hakim Tolani.    

Dekan FE UTM Bangkalan, Tribanus menambahkan pungutan Ikoma juga digunakan untuk kebutuhan KKN, seminar mahasiswa diluar negeri, dan kegiatan mahasiswa positif lainnya. Karena kalau mengandalkan UKT tidak mencukupi. “Pungutan Ikoma itu akan kembali lagi kepada mahasiswa,” pungkasnya. 

Penulis : Aryan
Editor.   : Sohib

Email Autoresponder indonesia