Madura Butuh Perguruan Tinggi Negeri

1007 views

Ulama Madura Bahas rencana Pendirian  ITM     | Oleh : A.Shohib

 

Mendiknas RI, M Nuh bersama para Ulama saat berkunjung ke Ponpes Al-Hikam Kelurahan Tunjung Burneh Bangkalan-foto : A.Shohib/MC.com

Mendiknas RI, M Nuh bersama para Ulama saat berkunjung ke Ponpes Al-Hikam Kelurahan Tunjung Burneh Bangkalan-foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan–  Menteri Pendidikan Nasional RI, Muhammad Nuh menilai di Pulau Madura perlu di dirikan Institut Tehnolgi Madura (ITM). “Institut Tehnologi ini sangat Perlu, dan memang rencana pendirian ITM di Madura ini tengah dibahas,” terang Muhammad Nuh saat berkunjung ke Ponpes Al Hikam Kelurahan Tunjung kecamatan Burneh, kabupaten Bangkalan, Kamis (26/12).

Dijelaskan dia, rencana pendirian ITM ini harus di bahas dan persiapkan dengan matang, sebab keberadaan TIM ini nanti yang akan menyediakan Sumber daya Manusia (SDM) Madura. “Yang jelasa ITM ini sangat perlu dan harus dipersiapkan dengan matang,” jelasnya.

Lebih lanjut Muhammad Nuh menjelaskan, kedatangannya ke Ponpes Al Hikam tersebut juga dalam rangka mempersiapkan dan membahas rencana pendirian ITM bersama dengan para rektor Perguruan Tinggi Negeri dan dan 12 ulama di Madura.

Sementara itu pengasuh Ponpes Al-Hikam, KH Nuruddin Ar Rahman mengatakan, rencana pendirian ITM ini memang sudah dibahas oleh para kiai di Madura, dan para Ulama sepakat dengan rencana pendirian ITM ini. “ITM ini nanti akan diback-up penuh oleh para kiai dan para kiai dan ulama di Madura sangat mendukung dengan rencana pendirian ITM ini,” terang KH Nuruddin yang juga tokaoh ulama Madura ini.

Bahkan kata Nuruddin, dalam rencana pendirian ITM ini, para ulama bersama beberapa rektor PTN di jawa Timur sudah membentuk tim, salah satu yang masuk ke dalam tim itu adalah Rektor Universitas Trunojoyo (Unijoyo)  Madura, M Arifin dan KH Nailurrahman dari Pamekasan. “Tim ini nanti yang akan melakukan  pengkajian dan mempersiapkan dengan matang rencana pendirian ITM,” jelasnya.

Lebih lanjut KH Nuruddin menjelaskan, rencana ITM ini akan didirikan di kabupaten Pamekasan dan tahun depan sudah akan menerima pendaftaran mahasiswa baru. “sesuai dengan petunjuk dari pak mendiknas, tahun depan ITM harus siap menerima mahasiswa baru, dan untuk sementara aktifitas kuliah akan ditempatkan di Islamic center Pamekasan,” tuturnya.

Sebab imbuh Nuruddin, seperti apa yang disamapikan oleh Presiden SBY saat berkunjung ke Madura beberapa waktu lalu, bahwa di Madura perlu ada perguruan tinggi yang dibac-up oleh pemerintah selain Unijoyo. “Makanya dalam ITM nanti ini kan ada penningkatan sumber daya manusia dan sumber daya Madura, sama-sama peningkatan SDM kan,” pungkasnya. (shb).

Email Autoresponder indonesia