Mahasiswa Asal Bangkalan Ciptakan Energi Gas Terbarukan

641 views

Moh Wildan Harun Arifin (22) bersama Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Moh Wildan Harun Arifin (22) warga Kelurahan Mlajah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, bersama tiga rekannya di Universitas Brawijaya Malang mampu menciptakan energi gas terbarukan berbahan air dan tongkol jagung.

Bahkan, hasil eksperimen mahasiswa jurusan teknik mesin itu meraih Silver Medals di ajang Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition, yang diselenggarakan pada, 2-6 Februari 2019.

“Events Thailand Inventor’s Day 2019 ini, diikuti 443 peserta dari 25 negara,” ujar Wildan ketika di temui di kantor Pemkab Bangkalan, Senin (11/2/2019).

Metode yang digunakan dalam memproduksi energi gas berupa hidrogen dan oksigen itu, melalui reaksi elektrolisis air dengan tongkol jagung sebagai katalis. Hidrogen dihadirkan, untuk mengatasi bahan bakar fosil yang terus berkurang.

“Energi gas terbarukan bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif. Negara lain sudah menerapkan bahan bakar ramah lingkungan,” ucapnya.

Produksi hidrogen menggunakan metode elektrolisis air bernilai efisiensi yang relatif rendah. Sehingga, perlu meningkatkan efisiensi produksi hidrogen dengan katalis dalam bentuk karbon aktif berbahan tongkol jagung, karena memiliki kandungan selulosa 41 persen.

“Hidrogen bisa dijadikan bahan bakar, dan oksigen bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan medis,” terang Wildan.

Sementara itu, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron mengapresiasi inovasi yang dihasilkan Wildan. Dia berharap torehan prestasi itu, bisa memicu semangat putra daerah lainnya di bidang masing-masing.

“Saran dan masukan bagi kami, khususnya di bidang teknologi tepat guna sangat diharapkan dari saudara Wildan,” ucapnya.

Menurutnya, putra daerah yang memiliki prestasi tidak hanya diharapkan memberi saran dan masukan saja. Namun, juga perlu terlibat secara aktif membantu proses pembangunan Kabupaten Bangkalan.

“Mudah-mudah prestasinya terus berkembang, dan membawa nama harum Bangkalan,” tandas Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad