Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura (UTM) cegah abrasi dengan Tanam Mangrove

Sampang, Maduracorner.com –
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Trunojoyo Madura melaksanakan aksi bersih pantai dan penanaman mangrove di Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten sampang, Jumat (18/12/2020).


Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 57 beranggotakan 13 orang yaitu 6 mahasiswa (Pendidikan Informatika), 4 mahasiswa (Sistem Informasi), 1 mahasiswa (Manajemen), 1 mahasiswa (Akuntansi), 1 mahasiswa (Pendidikan IPA).


Ketua kelompok KKN Tematik, Hanafi mengatakan pentingnya menjaga kebersihan dan mencegah abrasi laut dengan menggelar aksi bersih-bersih pantai dan tanam mangrove.


Menurut Hanafi aksi bersih-bersih pantai diadakan guna untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit dan penanaman mangrove dilakukan sebagai upaya mencegah abrasi dibibir pantai.


“Selain mahasiswa, kami juga mengajak siswa SMK serta warga untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut agar menjaga lingkungan dengan baik” kata Hanafi kepada Maduracorner.com, Jumat (18/12/2020)


Gerakan penanaman bakau ini dalam rangka partisipasi mahasiswa menjaga lingkungan serta membangun kepedulian dan kesadaran masyarakat baik muda atau tua untuk perduli pada alam. Kegiatan ini juga tetap menggunakan protokol kesehatan dengan memakai masker.


Kemudian apresiasi juga disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan Imam Sofyan, M.Si, bahwa aksi bersih pantai dan tanam mangrove bisa memperkuat kerjasama antar pemuda dan warga.


Selain itu, kegiatan menanam mangrove tidak hanya memiliki dimensi lingkungan juga sebagai wujud rasa memiliki dan cinta tanah air yang nyata.


“saya pikir ini adalah salah satu wujud character building pemuda yang luar biasa kreatif” demikian DPL Imam Sofyan.

Email Autoresponder indonesia